Polisi Ungkap Jaringan Pengedar 1,4 Ton Ganja dalam Limbah Ikan Asin

Kasus terungkap bermula dari kasus peredaran ganja yang terjadi bulan Mei lalu.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Jul 2018, 18:40 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2018, 18:40 WIB
Polisi Amankan 6 Tersangka Penyelundupan Ganja Jaringan Aceh
Petugas menunjukkan tersangka dan barang bukti narkoba jenis ganja saat rilis di Polda Metro, Jakarta, Senin (30/7). Sebanyak 1.434 kg ganja jaringan Aceh-Jakarta-Bogor diamankan petugas berikut 6 orang tersangka. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Subdit II Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menggagalkan peredaran ganja seberat 1.434 kilogram, yang rencananya akan disebar di wilayah DKI Jakarta. Enam orang ditangkap dalam kasus ini. Mereka adalah AM alias Bapak, SLH alias Bohceng, MY, RND alias N, AK, dan RYD alias Roy.

"Pengungkapan ini yang terbesar, waktu itu di Jakarta barat 1,3 ton, kalau ini hampir 1,5 ton," ujar Wakapolda Metro Jaya Brigjen Purwadi Arianto di Mapolda Metro Jaya, Senin (30/7/2018). "Para pelaku ini merupakan Jaringan Aceh-Jakarta-Bogor," kata dia.

Para pelaku memasukkan ganja ke dalam karung. Lalu karung-karung itu dimasukkan ke dalam tumpukan limbah ikan asin.

"Dengan tujuan agar tidak terdeteksi oleh anjing pelacak," ujar Purwadi.

Pengungkapan jaringan ini berawal dari pengungkapan kasus peredaran ganja pada Mei 2018 lalu. Tim melakukan penyelidikan terhadap jaringan yang bermain.

Kemudian polisi mengendus rencana pengiriman kembali ganja dalam jumlah besar ke Jakarta. Pada Senin (23/7/2018) pagi, truk pengangkut ganja tersebut sudah menyeberang dari Pelabuhan Bakahueni ke Pelabuhan Merak dan mengarah ke Jakarta.

Truk itu diadang di Pintu Tol Pasar Rebo 2 Kampung Rambutan Jakarta Timur. "Jadi kita tangkap di tol itu biar tidak terlalu jadi perhatian masyarakat, karena tol kan tertutup," kata Purwadi.

Pelaku yang diamankan, yaitu sopir dan kenek truk tersebut yaitu tersangka M Y dan tersangka RND alias N. Setelah digeledah, ditemukan 40 puluh karung ganja di dasar bak truk Fuso yang ditutupi muatan ikan asin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penangkapan

Setelah dipastikan truk tersebut berisi ganja, Tim Subdit II Psikotropika kemudian menangkap pemilik ganja tersebut yaitu tersangka AM alias Bapak dan SLH alias BOH di Ruko Galaxy Taman Palem Lestari Cengkareng Jakarta Barat.

"Tersangka AM dan SLH mengaku yang disita tersebut didapat dari beberapa orang di lhoknga, Aceh, yang berasal dari beberapa wilayah di Aceh," katanya.

Selanjutnya pada Selasa (24/7/2018), Tim Subdit II Psikotropika juga berhasil menangkap dua orang yang bertugas menyimpan dan mengedarkan ganja tersebut, yaitu tersangka AK dan RYD alias ROY di Kampung Blok Rambutan Cipayung, Kota Depok. Satu mobil boks Daihatsu GranMax yang akan digunakan untuk mengangkut ganja disita.

Dari hasil keterangan para tersangka, diketahui jaringan peredaran ganja tersebut dikendalikan oleh narapidana di LP Gintung Cirebon dan LP Lampung.

"Para pelaku akan dijerat Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 115 ayat 2, lebih subsider Pasal 111 ayat 2 juncto Pasal 132ayat 1 Undang - Undang RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun," pungkasnya.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya