Top 3 News: Indonesia Banyak Sumber Gempa

Top 3 news, usai gempa Palu dan Donggala, gilitan gempa magnitudo 6,0 mengguncang Situbondo, Kamis, 11 Oktober 2018. Korban tewas pun tak terhindarkan.

diperbarui 16 Okt 2018, 07:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2018, 07:00 WIB
Aksi Kopassus Berjibaku Bantu Warga Korban Gempa Bumi
Prajurit Kopassus membersihkan puing-puing bangunan yang ambruk di Desa Citalahap, Kabupaten Lebak, Bogor (23/1). Wilayah tersebut merupakan satu lokasi terparah terkena dampak gempa. (LIputan6.com/Pool/Kopassus)

Jakarta - Top 3 news, di saat para korban gempa serta tsunami Palu dan Donggala mulai bangkit dan menata kembali hidupnya, deretan lindu kembali menyapa Tanah Air.

Gempa magnitudo 6,0 mengguncang Situbondo, Kamis, 11 Oktober 2018. Korban pun tak terhindarkan. BNPB mencatat tiga orang dikabarkan meninggal dunia.

Kuatnya getaran dirasakan di 22 wilayah hingga sampai ke Pulau Dewata. Naiknya sesar Flores diduga penyebab gempa Situbondo terjadi.

Sebelumnya, warga di sekitar Gunung Anak Krakatau dibuat panik saat mendengar letupan dan lava pijar yang keluar dari Anak Gunung Krakatau, Senin, 8 Oktober 2018.

Saat itu status waspada atau level II langsung dikeluarkan dan meminta masyarakat untuk tidak mendekat dalam radius 2 kilometer.

Apakah gempa Palu dan Donggala menjadi pemicu deretan bencana alam yang terjadi di Indonesia?

Sementara itu, BMKG memprediksi hujan lebat disertai petir akan menyelimuti sejumlah daerah di Tanah Air. Kondisi ini diramalkan juga akan terjadi di wilayah Jabodetabek.

Untuk wilayah Jabodetabek sendiri, hujan disertai petir tersebut akan berlangsung hingga Selasa, 16 Oktober.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Sabtu, 14 Oktober 2018:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Gempa dan Letusan Gunung di Selat Sunda

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa bermagnitudo 5,2 dirasakan masyarakat pesisir selatan Kabupaten Lebak, Banten, pukul 02.38 WIB. Meski lokasinya dekat dengan pusat gempa, masyarakat pesisir tidak panik, karena getarannya tidak begitu besar. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, pusat gempa berada di 9,00 Lintang Selatan, 105,26 Bujur Timur atau tepatnya berada di 292 kilometer Barat Daya Lebak, Banten.

Sebelum gempa menggoyang Lebak, Banten, fenomena alam juga terlihat di Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan. Gunung itu menunjukkan aktivitas kegempaan letusan sebanyak 40 kali.

 

Selengkapnya...


2. Gebrakan Anies Baswedan yang Jadi Sorotan Publik Selama 1 Tahun Menjabat

Anies Baswedan Lepas Kafilah DKI Bersaing di MTQ Nasional
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan foto bersama Kafilah Provinsi DKI Jakarta untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVII, Jakarta, Kamis (4/10). Anies berharap Kafilah DKI dapat meraih juara umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selama menjabat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tidak semua janjinya dapat terlaksana dalam setahun. 

Karena hal itu, Anies Baswedan menyarankan agar jajarannya tetap fokus dalam merealisasikan program yang sudah direncanakan.

Meski demikian, dalam satu tahun ini Anies telah membuat beberapa kebijakan yang menjadi sorotan publik. Salah satunya penutupan Hotel Alexis.

 

Selengkapnya...


3. Sirkulasi Siklonik, Jakarta Akan Hujan Lebat dalam 2 Hari

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan
Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Hujan lebat disertai petir akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Menurut BMKG kondisi ini akan terjadi dalam beberapa hari ke depan karena adanya sirkulasi siklonik di perairan Kepulauan Natuna (level 925/800mb) dan Perairan Barat Maluku (level 925/900).

Hari ini, Senin (15/10/2018), wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Lampung, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara diprediksi mengalami hujan lebat.

Sementara wilayah Aceh, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Papua Barat, Papua. Termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

 

Selengkapnya... 

 

Saksikan Video pilihan di bawah ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya