Menag Lukman Hakim Akan Pimpin Doa Prosesi Pemakaman BJ Habibie

Rencananya, BJ Habibie akan dimakamkan pada pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 12 Sep 2019, 10:41 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2019, 10:41 WIB
Sebelah Ainun, Ini Makam BJ Habibie di TMP Kalibata
Makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Habibie meninggal setelah mendapat perawatan intensif selama beberapa hari terakhir di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin direncanakan memimpin doa saat proses pemakaman Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. Namun hingga kini Lukman diketahui masih berada di Yogyakarta.

Menurut protokoler Kementerian Agama, Muhamad Aleq Faruqi, Lukman dijadwalkan bertolak ke Jakarta pada siang ini.

"Nanti landing di (Bandara) Halim. Ke sini (TMP Kalibata) nanti naik motor mungkin biar cepat," ujar dia di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Jika Lukman terlambat hadir, maka pemimpin doa saat prosesi pemakaman BJ Habibie akan diserahkan kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Mohamad Nur Kholis.

Rencananya, BJ Habibie akan dimakamkan pada pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Makam BJ Habibie sendiri menempati kavling 120. Sang istri yang lebih dulu wafat berada di kavling 121, atau tepat di sebelah kanannya. Sementara Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

Sementara di sebelah kanan, terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro.

Kemudian di belakang makam BJ Habibie ada makam Wakil Presiden ke-4 RI H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution (AH Nasution).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Rangkaian Proses Pemakaman

Sebelah Ainun, Ini Makam BJ Habibie di TMP Kalibata
Pekerja menyiapkan karpet merah di makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Sejumlah petinggi dilaporkan bakal hadir menghadiri pemakaman Habibie. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie terlebih dahulu diserahkan ke pemerintah melalui upacara di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan pukul 12.30 WIB.

Kemudian, jenazah akan diberangkatkan pukul 13.00 WIB dari rumah duka menuju TMP Kalibata.

"13.30 prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata," kata Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dalam keterangannya, Kamis (12/9/2019).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya