Penerbitan Perppu KPK Dinilai Bisa Jadi Bumerang bagi Jokowi

Jokowi disarankan Perppu yang diterbitkan berisi penundaan berlakunya revisi UU KPK, bukan pembatalan.

oleh Nafiysul Qodar diperbarui 30 Sep 2019, 03:30 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2019, 03:30 WIB
20150902-Zulkifli-Hasan-Jokowi
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait bergabungnya Partai Amanat Nasional dengan pemerintah di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (1/9/2015).(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Wacana Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa menjadi bumerang. Presiden Jokowi bisa dinilai menyalahgunakan wewenang hingga dimakzulkan dari jabatannya.

"Saya hanya mengingatkan untuk jangan sekali-kali presiden menerbitkan Perppu yang berisi pembatalan, karena presiden tidak punya wewenang untuk membatalkan keberlakuan suatu UU. Hanya pengadilan yang punya wewenang untuk membatalkannya, dalam hal ini Mahkamah Konstitusi," kata pakar hukum tata negara dan administrasi negara I Gede Panca Astawa kepada wartawan, Minggu (29/9/2019).

Gede mengatakan, Presiden Jokowi ketika menerbitkan Perppu bisa dianggap bertindak tanpa wewenang (onbevoegdheid) atau abuse of power yang akan berujung pada impeacment.

"Jadi saran saya sekali lagi, kalau Presiden harus menerbitkan Perppu, isinya berupa penundaan berlakunya revisi UU KPK, bukan pembatalan," jelas Gede.

Guru besar Universitas Padjajaran itu menerangkan, presiden memang punyak hak untuk mengeluarkan Perppu. Hanya saja sifatnya apabila terjadi kegentingan yang memaksa atau mendesak.

"Terkait dengan Perppu KPK, pertanyaannya, apanya yang mendesak. Apakah ada kekosongan Pimpinan KPK saat ini? Jawabannya tidak, lima orang masih ada atau lengkap," ujar Gede.

Lebih lanjut, kata Gede, KPK saat ini masih bekerja, bahkan sudah menetapkan beberapa pejabat publik sebagai tersangka pascapengesahan revisi UU. Karena itu, persepsi mendesak mengeluarkan Perppu tidak relevan.

"Lantas, mendesak menurut ukuran siapa? Melihat dinamika yang terjadi beberapa hari terakhir ini, lebih merupakan ulah mereka yang tidak paham," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya