Jokowi Akan Bertemu Prabowo, PDIP: Negara Besar Harus Dikelola Bersama

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sore nanti.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 11 Okt 2019, 14:21 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2019, 14:21 WIB
Penuh Tawa, Jokowi-Prabowo Makan Sate Bersama
Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjalan usai keluar dari Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi dan Prabowo mendapat pengawalan ketat Paspampres saat menuju FX Sudirman untuk makan siang. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sore nanti. Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, memang sudah ada jadwal Jokowi bertemu seluruh ketua umum parpol.

"Sebelum Pak Jokowi mengumumkan kabinetnya setelah dilantik 20 besok, beliau akan bertemu dengan ketum-ketum parpol baik parpol koalisi dan ketum di luar pendukung," kata Basarah di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (11/10/2019).

Basarah enggan membeberkan maksud pertemuan Jokowi-Prabowo nanti. Apakah pertemuan itu akan membahas kepastian Gerindra bergabung pemerintahan atau tidak, Basarah menyebut hal itu sepenuhnya berada di tangan Jokowi.

"Mengenai subtansi pembicaraan dan kesepakatan dalam pertemuan itu, saya kira tergantung keputusan politik Pak Jokowi. Karena dalam bentuk kerja samanya adalah di kabinet maka wewenang prerogatif itu ada di tangan Pak Jokowi," ucap dia.

Akan tetapi, Wakil Ketua MPR itu memastikan membuka tangan lebar-lebar apabila Gerindra maupun parpol di luar koalisi ingin bergabung.

"PDIP semangatnya adalah semangat gotong royong. Negara yang besar ini harus dikelola secara bersama, sehingga sikap kita membuka diri terhadap kerja sama itu," ia menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Bertemu Sore Nanti

Keakraban Jokowi dan Prabowo Saat Bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus
Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kiri) memberi keterangan didampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Jokowi berharap masyarakat dapat semakin bersatu usai dirinya dan Prabowo bertemu. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat sore ini. Pertemuan kedua tokoh politik itu direncanakan pukul 15.00 WIB.

"Iya jam 15.00 WIB," kata Waketum Partai Gerindra Edhy Prabowo kepada wartawan, Jumat (11/10/2019).

Edhy menyebut bahwa Jokowi mengundang Prabowo untuk bertemu. Saat ditanya apakah pertemuan itu membahas kursi kabinet, dia meminta awak media tak berasumsi.

"Iya dipanggil Beliau. Ah enggak lah, jangan berasumsi," ucap Edhy.

Hal senada juga disampaikan Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzhar Simanjuntak. Dia mengatakan, Prabowo hadir ke Istana untuk memenuhi undangan dari Jokowi.

"(Prabowo bertemu Jokowi?) Jam 15.00," kata Dahnil pada wartawan, Jumat (11/10/2019).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya