Jakpro Ajukan Rancangan Anggaran Formula E Sebesar Rp 767 Miliar

Anggaran sebesar itu akan digunakan untuk bank garansi atau jaminan penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan Formula E.

oleh Ika Defianti diperbarui 08 Nov 2019, 01:04 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2019, 01:04 WIB
Konvoi Kendaraan Listrik Sambut Formula E 2020
Mobil BMW i8 Roadster, i8 Coupe dan BMW i3s mengawal konvoi mobil listrik jelang jadwal pelaksanaan balap mobil listrik atau Formula E 2020 di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (20/9/2019). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menaiki mobil listrik berjenis BMW i8 roadster. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Hani Sumarno menyatakan, pihaknya telah mengajukan penyertaan modal daerah (PMD) untuk turnamen Formula E sebesar Rp 767 miliar.

Anggaran tersebut diungkapkan dalam rapat rancangan anggaran Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk APBD 2020.

Dia menyebutkan, anggaran itu digunakan untuk bank garansi atau jaminan penyelenggaraan Rp 423 miliar dan pelaksanaan kegiatan Rp 344 miliar.

"Sesuai presentasi di DPRD DKI saat rapat (KUA-PPAS)," kata Hani di Jakarta, Kamis 7 November 2019.

Secara garis besar, Hani menyebut, nantinya pendapatan Jakpro dari penyelenggaraan Formula E 2020 dapat mencapai Rp 50 miliar.

"Itu yang langsung (pendapatan), jadi itu belum dihitung dengan skala makro. Kalau kami hitung berapa hotel di sini, di situ akan terlihat berapa mereka akan mendapat keuntungan," ucap dia.

Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto menyatakan, penyertaan bank garansi sebesar Rp 423 miliar terbagi menjadi dua komponen. Pertama untuk bank garansi awal sebesar Rp 388 miliar dan sisanya Rp 35 miliar untuk peningkatan.

Sedangkan anggaran Rp 344 miliar digunakan sebagai pembanguan fisik sebelum penyelenggaraan. Salah satunya lintasan balap Formula E.

"Untuk sirkuit utamanya berada di sekitar Monumen Nasional (Monas) dan Jalan Medan Merdeka Selatan," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Formula E di Jakarta

Anies Baswedan Resmikan Air Siap Minum
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan sambutan saat peresmian Air Siap Minum di Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Selasa (30/4/2019). Fasilitas air siap minum itu diharapkan memberi rasa kenyamanan bagi setiap masyarakat yang memerlukan kebutuhan air minum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, perhelatan Formula E musim ke-6 dipastikan bakal berlangsung di Indonesia atau Jakarta. Balapan open wheeler menggunakan kendaraan ramah lingkungan ini, bakal berlangsung di kawasan Monumen Nasional (Monas) dengan konsep sirkuit jalan raya atau non-permanen.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan, pihaknya akan memberlakukan penutupan jalan guna mendukung pelaksanaan balapan Formua E di Monas.

"Diperkirakan satu minggu (penutupan jalan). Lebih sebentar dibanding Mei kemarin, saat ada sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) dan di Bawaslu, itu penutupannya lebih lama. Tapi ini, tidak terlalu lama," jelas Anies di Monas, beberapa waktu lalu.

Lanjut Anies, hingga saat ini, pihaknya memang belum bisa memastikan, jalan mana saja yang nantinya ditutup saat berlangsungnya Formua E pada 6 Juni 2020. Pasalnya, penentuan tersebut, harus menunggu desain trek atau sirkuit selesai dibuat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya