Anggota Komisi VI DPR RI Mahfudz Abdurrahman Beberkan Kontribusi BUMN Karya dalam Pembangunan IKN

Anggota Komisi VI DPR RI Mahfudz Abdurrahman menyebut, pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara merupakan upaya pemerintah untuk mengusung pembangunan ekonomi yang inklusif.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Jun 2023, 08:43 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2023, 22:04 WIB
Pembangunan Ibu Kota Nusantara
Lokasi pembangunan ibu kota baru terlihat dari sebuah bukit di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Indonesia, Rabu, 8 Maret 2023. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Silvia Halim mengatakan, kegiatan pembangunan di IKN sudah mencapai 23 persen. Menurutnya, saat ini pembangunan di IKN fokus pada kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi VI DPR RI Mahfudz Abdurrahman menyebut, pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara merupakan upaya pemerintah untuk mengusung pembangunan ekonomi yang inklusif.

Hal tersebut disampaikan Mahfudz saat membuka acara sosialisasi 'BUMN Karya Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan IKN' yang berlangsung di Serua Green Village, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (15/6/2023).

"Pembangunan ekonomi yang inklusif dengan menyebarluaskan magnet pertumbuhan ekonomi baru, sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa Semata. Pemilihan lokasi IKN di Kalimantan dianggap sebagai energi masa depan bagi bangsa Indonesia," ujar Mahfudz Abdurrahman melalui keterangan tertulis, Kamis (15/6/2023).

Kemudian, dia memaparkan, salah satu BUMN Karya yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan IKN adalah PT Adhi Karya Tbk (Persero).

"PT Adhi Karya (Persero) Tbk merupakan BUMN Kontruksi dengan kredibilitas yang kuat serta perusahaan kontruksi pertama yang melantai di Bursa Efek," jelas Mahfudz.

Selain itu, lanjut dia, Adhi Karya memiliki karya kontruksi monumental, empat lini bisnis utama, dan 180 proyek konstruksi yang sedang berjalan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kontribusi Adhi Karya

Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi
Pradesain istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Instagram@jokowi

Berikut kontribusi Adhi Karya dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di antaranya :

1. Pembangunan infrastruktur 22 tower untuk hunian pekerja kontruksi IKN, pelindung Fender Jembatan Pulau Balang, Jalan Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang-KTT Kariangu, dan terbaru adalah ialah Rumah Tapak Kedinasan di IKN Nusantara,

2. Perencanaan dan perancangan, pekerjaan kontruksi dan infrastruktur kawasan, penataan kawasan untuk fasilitas umum dan sosial, serta prasarana dan sarana kawasan.

Kemudian, manfaat yang dihasilkan atas Kontribusi yang di lakukan oleh Adhi Karya dalam Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di antaranya:

1. Peningkatan kinerja perusahaan,

2. Peningkatan PDB / PDRB, penambahan lapangan kerja, peningkatan pajak, dan deviden,

3. Pembangunan Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang -KTT Kariangau membuat distribusi barang yang semakin mudah dan cepat serta menghasilkan multiplier effect

4. Pembangunan hunian pekerja kontruksi di IKN menggunakan Teknologi Modular yang merupakan karya anak bangsa yang direncanakan terdiri dari 22 tower memiliki 4 lantai yang dapat menampung 17.000 pekerja atau minimal 15.000 tenaga kerja.

 


Saham Adhi Karya Ngegas Jelang Uji Coba LRT Jabodebek pada Juli 2023

Progres Pembangunan LRT Rute Cawang-Dukuh Atas
Pekerja menyelesaikan pembangunan jalur kereta ringan atau LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Senin (29/4/2019). Menurut PT Adhi Karya selaku kontraktor pelaksana proyek LRT, pembangunan jalur LRT mencapai 47,95 persen (data per akhir Maret 2019). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, LRT Jabodebek akan melakukan uji coba operasional mulai 12 Juli 2023. Selama masa soft launching tersebut, masyarakat dipersilakan ikut menjajal moda transportasi LRT Jabodebek dengan tarif Rp 1 saja.

Seiring LRT Jabodebek akan melakukan uji coba operasional, saham PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) pun turut bergairah pada penutupan perdagangan Rabu, 14 Juni 2023.

Harga saham ADHI menguat 2,16 persen pada penutupan perdagangan, Rabu, 14 Juni 2023. Saham ADHI menguat 2,16 persen ke posisi Rp 472 per saham.

Melansir data RTI, saham ADHI dibuka pada posisi Rp 462 dari harga awal Rp 462. Saham ADHI berada di level tertinggi Rp 476 dan terendah Rp 456 per saham. Total frekuensi perdagangan ADHI hari ini tercatat sebanyak 5.042 kali dengan volume perdagangan 39,83 juta dan nilai transaksi Rp 18,62 miliar.

Dalam sepekan ini, saham Adhi Karya menguat 24,87 persen dan secara year to date terkoreksi 2,48 persen.

 


Bangun IKN Nusantara, Pemerintah Pakai Teknologi Jerman

Hunian Pekerja IKN
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah menyelesaikan 22 tower Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) senilai Rp 567 miliar di Ibu Kota Negara, atau IKN Nusantara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut minat pengusaha Jerman untuk bekerjasama dalam pembangunan Ibu Kota Negara, atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Pemerintah RI melalui Kementerian PUPR disebutnya sangat terbuka kepada investor untuk menjajaki kerja sama berbagai sektor infrastruktur di IKN Nusantara. Itu bisa dilakukan melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menawarkan proyek IKN berpotensi penuh untuk investasi dengan skema public private partnership dalam pembangunan gedung, perumahan, rumah sakit, pusat komersial, dan lainnya," kata Menteri Basuki, Rabu (14/6/2023).

Menteri Basuki juga menyampaikan kemungkinan kerjasama dengan para pengusaha asal Jerman terkait pemanfaatan inovasi teknologi. Dengan mengedepankan keberlanjutan lingkungan untuk diimplementasikan dalam mendukung pembangunan IKN.

"Karena kondisi geo-nya sangat spesifik, kondisi tanah. Mungkin anda memiliki teknologi yang dapat digunakan untuk mendukung kami. Kami juga harus tahu bahwa anda memiliki ahli geotek, sehingga kami dapat mendiskusikan secara detail," jelas Menteri Basuki.

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya