4 Pejabat Struktural KPK Dilantik Pagi Ini, Siapa Saja Mereka?

Namun, Ali enggan menyebut nama-nama yang terpilih untuk mengisi empat jabatan tersebut.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 14 Apr 2020, 07:46 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2020, 07:46 WIB
Ilustrasi KPK
Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (14/4/2020) pagi ini akan melantik empat pejabat struktural setelah melalui seluruh rangkaian tes.

"Saat ini sudah menghasilkan empat nama yang masing-masing akan menduduki jabatan selaku Deputi Informasi dan Data (INDA), Deputi Penindakan, Direktur Penyelidikan, dan Kabiro Hukum KPK," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangannya di Jakarta, Senin (13/4/2020).

Sebelumnya, kata dia, tahap seleksi administrasi dan tes potensi serta assessment telah dilakukan pada rentang waktu 5 Maret sampai dengan 17 Maret 2020.

"Berikutnya tes wawancara dan kesehatan telah dilakukan sejak 2 April sampai 7 April 2020," ujar Ali.

Ia mengatakan, pelantikan empat pejabat struktural itu direncanakan pada Selasa ini di Auditorium Gedung Penunjang KPK, Jakarta pukul 09.30 WIB. Namun, Ali enggan menyebut nama-nama yang terpilih untuk mengisi empat jabatan tersebut.

Berdasarkan informasi, empat pejabat struktural yang terpilih tersebut yakni Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Brigjen Karyoto sebagai Deputi Penindakan KPK,

Sementara Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Mochamad Hadiyana menempati posisi sebagai Deputi Informasi dan Data (INDA) KPK.

Selanjutnya, Jaksa Fungsional pada Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung yang saat ini diperbantukan pada KPK Ahmad Burhanudin sebagai Kepala Biro Hukum KPK, dan Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Nama para Kandidat

Sebelumnya, KPK sempat menginformasikan nama-nama para kandidat dari empat pejabat struktural tersebut.

Tiga kandidat Deputi Penindakan yakni Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Brigjen Karyoto, Kadiklat Reserse Lemdiklat Polri Brigjen Agus Nugroho, dan Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Rudi Setiawan.

Kemudian, tiga calon Deputi INDA KPK, yakni Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono, Spesialis Pengolahan Data dan Informasi Utama KPK Indira Malik, dan Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Mochamad Hadiyana.

Selanjutnya, empat calon Kepala Biro Hukum KPK, yaitu Jaksa Fungsional pada Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung yang saat ini diperbantukan pada KPK Ahmad Burhanudin, Fungsional Utama Biro Hukum KPK Indra Mantong Batti, Plt Kepala Biro Hukum/Kabag Litigasi dan Nonlitigasi KPK Efi Laela Kholis, dan Irbid Jemen SDM 1 Itwil 2 Itwarsum Polri Anwar Efendi.

Terakhir, calon Direktur Penyelidikan KPK, yaitu Widyaiswara Muda Sespimti Polri Kombes Nazirwan Adji Wibowo, Plt Direktur Penyelidikan KPK Iguh Sipurba, Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Endar Priantoro, dan Kasatgas XIII Direktorat Penyidikan KPK Afief Yulian Miftach.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya