Gugus Tugas Covid-19 Percepat Distribusi APD dan Masker bagi Tenaga Medis

Gugus Tugas Daerah telah memiliki data tentang wilayah-wilayah mana yang sangat membutuhkan APD.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 14 Apr 2020, 07:28 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2020, 07:28 WIB
Ribuan APD dan masker tiba dari pemerintah pusat tiba di Lanud Sam Ratulangi Manado, Sabtu 11 April 2020.
Ribuan APD dan masker tiba dari pemerintah pusat tiba di Lanud Sam Ratulangi Manado, Sabtu 11 April 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19, Kolonel Inf Kristomei Sianturi mengatakan, pihaknya terus mengebut pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) dan masker untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun, masih kata dia, salah satu contohnya dengan menerbangkan pesawat Boeing TNI AU A-7305 dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju Mamuju (Sulawesi Barat) dan Palu (Sulawesi Tengah).

"Guna mengangkut APD sebanyak 13.000 Ea (Each) dan masker 14.000 Ea (Each)," kata Kristomei dalam keterangannya, Senin (13/4/2020).

Adapun, pesawat Boeing TNI AU A-7306 juga sudah diterbangkan, dengan membawa 13.000 Ea (Each) APD dan 8.000 Ea (Each) masker bedah.

"Untuk didistribusikan kepada sejumlah rumah sakit di Papua," ungkap Kristomei.

Hingga kini, TNI terus membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam pendistribusian APD ke seluruh wilayah Indonesia dengan menggunakan alat transportasi yang telah disiagakan.

"Sehingga proses distribusi dapat dilakukan lebih cepat dan kebutuhan APD tiap daerah dapat terpenuhi," tutur Kristomei.

Selanjutnya APD yang telah dikirimkan ke daerah, lanjut dia, menjadi tanggung jawab Gugus Tugas Daerah guna menyalurkan ke rumah sakit di daerah sesuai prioritas. Gugus Tugas Daerah telah memiliki data tentang wilayah-wilayah mana yang sangat membutuhkan APD.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Distribusi APD Terus Dilakukan

Dia pun menuturkan, pendistribusian APD ke sejumlah daerah masih terus dilakukan.

"Semoga pengiriman APD dan Masker ini akan dapat bermanfaat bagi para tenaga medis di rumah sakit daerah dalam menangani pasien Covid-19," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya