Top 3 News: 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota Siap Masuk New Normal

Top 3 news, inilah empat provinsi yang bersiap memasuki era new normal yakni, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, dan Gorontalo.

oleh Maria FloraIka DefiantiLizsa EgehamLiputan6.com diperbarui 28 Mei 2020, 07:11 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2020, 07:01 WIB
Jokowi Meninjau Kesiapan Prosedur New Normal di Stasiun MRT
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz dan Gubernur DKI Anies Baswedan usai meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). (Tribunnews/Irwan Rismawan/Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, ada empat provinsi yang akan mulai memasuki era new normal, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Gorontalo, dan Sumatera Barat. Selain itu ada 25 kabupaten/kota yang juga siap memasuki era new normal. 

Menurut Presiden Joko Widodo atau Jokowi, salah satu syarat suatu wilayah bisa memasuki new normal di tengah pandemi Corona adalah mematuhi protokol kesehatan dan diterapkan di provinsi dan kabupaten/kota yang indeks penularan virus corona (R0) sudah di bawah satu.

Berita lainnya yang banyak disorot adalah kecelakaan tunggal yang dialami pengacara Eggi Sudjana di Jalan Raya Cibinong, Selasa, 26 Mei 2020.

Mobil yang dikemudikan Eggi menabrak trotoar hingga dia mengalami patah telapak kaki dan luka di pelipis kanan. Polisi menduga kecelakaan tersebut lantaran korban mengantuk.

Sementara itu, tersiarnya kabar bahwa mal di Jakarta akan mulai dibuka pada 5 Juni 2020 disebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya sekedar imajinasi.

Karena menurutnya belum ada aturan mana pun yang mengatakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan diakhiri. Diketahui fase ketiga penerapan PSBB di jakarta akan berakhir pada 4 Juni 2020.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Rabu, 27 Mei 2020:

Saksikan video pilihan di bawah ini:


1. Ini 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota yang Akan Terapkan New Normal

Jokowi Meninjau Kesiapan Prosedur New Normal di Stasiun MRT
Presiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan usai meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta, Selasa (26/5/2020). Jokowi meninjau kesiapan fasilitas umum di stasiun tersebut untuk mendukung tatanan new normal. (Tribunnews/Irwan Rismawan/Pool)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengerahkan aparat TNI-Polri untuk mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan virus Corona atau Covid-19. Pendisiplinan ini untuk mempersiapkan masyarakat memasuki tahapan new normal atau tatanan kehidupan baru.

"Hari ini akan digelar oleh TNI dan Polri,  pasukan berada di titik-titik keramaian dalam rangka lebih mendisiplinkan agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB," kata Jokowi usai meninjau kesiapan penerapan new normal di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020). 

Jokowi menjelaskan, TNI-Polri akan mendisiplinkan masyarakat agar menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan menghindari kerumunan saat beraktivitas di luar rumah.

Dia meyakini apabila pendisiplinan ini dilakukan secara masif, maka akan membuat kurva penyebaran virus Corona di tanah air menurun.

 

Selengkapnya...


2. Eggi Sudjana Kecelakaan di Cibinong, Begini Kondisinya saat Ini

Eggi Sudjana
Eggi Sudjana diperiksa sebagai tersangka dugaan makar. (Ronald/Merdeka.com)

Pengacara Eggi Sudjana mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Bogor, Cibinong, Jawa Barat, Selasa, 26 Mei 2020. Hal ini dibenarkan oleh kuasa hukum Eggi, Hendarsam Marantoko.

Hendarsam mengatakan, Eggi kini menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Dia mengalami patah dibagian telapak kaki.

Kecelakaan terjadi saat Eggi akan menghadiri sebuah acara. Eggi diduga mengantuk saat berkendara sehingga terjadi kecelakaan tersebut hingga menabrak trotoar.

Selain patah kaki, Eggi Sudjana juga mendapatkan luka di pelipis kanan hingga mendapatkan tujuh jahitan.

 

Selengkapnya...


3. Anies: yang Bilang Mal di Jakarta Buka 5 Juni Itu Imajinasi, Fiksi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan paparan mengenai PSBB Jakarta di Graha BNPB, Jakarta. (Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan paparan mengenai PSBB Jakarta di Graha BNPB, Jakarta. (Istimewa)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Pemprov DKI Jakarta belum menentukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan diperpanjang atau tidak. Sebab PSBB fase ketiga akan berakhir pada 4 Juni 2020.

Karena hal itu, dia menyatakan belum adanya peraturan adanya jadwal pengoperasian pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta.

"Jadi kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni itu imajinasi, itu fiksi. Karena belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB diakhiri," kata Anies usai peninjauan di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/5/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan apa pun hasilnya akan disampaikan kepada masyarakat. Bila masyarakat tidak mematuhi aturan yang telah ditetapkan, akan ada kemungkinan PSBB Jakarta dapat diperpanjang.

 

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya