227 WNI Terdampak Pandemi Dipulangkan dari Turki, Mayoritas Santri di Istanbul

224 WNI yang dipulangkan adalah santri Pesantren Sulemaniyah di Istanbul yang telah menyelesaikan pendidikannya dan tertunda kepulangannya sejak April 2020.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 04 Jul 2020, 10:07 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2020, 10:07 WIB
KJRI Istanbul bantu pemulangan 227 WNI terdampak pandemi di Turki lewat program repatriasi mandiri
KJRI Istanbul bantu pemulangan 227 WNI terdampak pandemi di Turki lewat program repatriasi mandiri. (Dok KJRI Istanbul)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 227 warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak pandemi Covid-19 di Turki, difasilitasi untuk repatriasi mandiri atau pulang ke tanah air oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul.

Pemulangan WNI dari Turki itu dilakukan hari ini, Sabtu (4/7/2020). Mereka dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada pukul 17.35 WIB sore nanti.

"Para WNI ini memanfaatkan penerbangan reguler Turkish Airlines (TK-56) ke Jakarta," tulis siaran pers resmi KJRI Istanbul, Sabtu (4/7/2020).

Dari total 227 WNI yang mengikuti program repatriasi mandiri, 224 di antaranya merupakan santri pesantren Sulemaniyah di Istanbul yang telah menyelesaikan pendidikannya dan tertunda kepulangannya sejak April 2020.

Sisanya, satu orang adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan 2 WNI yang stranded atau terdampar di Istanbul karena pembatalan penerbangan lanjutan dari Frankfurt.

KJRI Istanbul mendata, sebanyak 67 orang penumpang berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain itu 45 penumpang dari Jawa Tengah dan Aceh, 19 orang dari Sumatera Utara, dan selebihnya dari wilayah di Kalimantan, Riau, dan NTB.

"Perlindungan WNI merupakan prioritas utama diplomasi Indonesia, apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19," kata Konjen RI Istanbul, Imam As’ari saat memantau langsung proses tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Syarat Repatriasi Mandiri

144 WNI terdampak pandemi Covid-19 di Turki akan dipulangkan ke Indonesia
144 WNI terdampak pandemi Covid-19 di Turki akan dipulangkan ke Indonesia. (Dok KJRI Istanbul)

KJRI Istanbul menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama Pengurus Pesantren Sulemaniyah, pihak-pihak dan otoritas terkait proses repatriasi mandiri kali ini, sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Sebagai informasi, salah satu syarat utama mengikuti repatriasi adalah telah melakukan PCR Test sebelum keberangkatan dari Turki dengan hasil negatif/bebas Covid-19. Selain itu, WNI juga dibekali safety kit berupa masker, sarung tangan, dan hand sanitizer untuk digunakan di pesawat.

Diketahui, pascapenerapan new normal sejak 1 Juni 2020, Pemerintah Turki telah melakukan relaksasi di berbagai sektor publik. Selama masa penanganan Covid-19 di Turki, Perwakilan RI di Turki secara berkelanjutan membantu sekitar 2.842 WNI yang terdampak Covid-19.

Sebelumnya, Perwakilan RI di Turki juga telah melakukan repatriasi mandiri pada tanggal 10, 15, dan 17 Juni 2020. Hingga saat ini jumlah keseluruhan WNI yang dibantu pemulangannya oleh Perwakilan RI di Turki berjumlah sekitar 650 orang.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya