Ada Acara, Wagub DKI Tak Penuhi Panggilan Polisi soal Kerumunan Rizieq Shihab

Penyidik mengundang empat orang saksi untuk dimintai klarifikasi terkait kerumunan massa di beberapa kegiatan yang dihadiri Rizieq Shihab.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 19 Nov 2020, 16:35 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2020, 16:20 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tidak menghadiri panggilan polisi sebagai saksi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 pada kegiatan yang dihadiri Rizieq Shihab. Sedianya, Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ahmad Riza Patria hari ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, penyidik mengundang empat orang saksi untuk dimintai klarifikasi terkait kerumunan massa di beberapa kegiatan dihadiri Rizieq Shihab yang diduga mengabaikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Yusri menyebutkan, dua di antaranya berhalangan hadir, yakni Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan ketua panitia pernikahan anak dari Rizieq Shihab.

"Kami jadwalkan ada empat yang harusnya dimintai klarifikasi untuk kelengkapan penyelidikan. Mereka adalah Wagub DKI Jakarta, Senior Manager Of Aviation Security Bandara Soetta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan ketua panitia akad nikah, ucap dia di Polda Metro Jaya, Kamis (19/11/2020).

Yusri mengemukakan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Senior Manager Of Aviation Security Bandara Soetta hingga saat ini masih menjalani pemeriksaan. Sementara itu, penyidik berencana mengatur ulang pemeriksaan dua orang saksi yang tak memenuhi panggilan terkait kerumunan acara Rizieq Shihab.

"Beliau (Wagub DKI Jakarta) belum bisa hadir karena katanya masih ada kegiatan. Nanti sedang kita susun dan koordinasi dengan yang bersangkutan," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Terus kumpulkan alat bukti

FOTO: Menuju Petamburan, Rizieq Shihab Dikawal Ratusan Massa
Ratusan massa berkonvoi mengawal Rizieq Shihab usai tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). Konvoi tersebut dilakukan untuk mengawal perjalan Rizieq Shihab menuju kediamannya di Petamburan, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Yusri menerangkan, penyidik terus mengumpulkan alat bukti lain, termasuk di dalamnya alat bukti digital berupa rekaman CCTV.

"Kami periksa rekaman CCTV yang ada di sekitar daerah tersebut untuk bisa melengkapi berkas perkara. Kalau sudah gelar baru ditentukan bisa ditentukan memenuhi untuk naik ke penyidikan atau tidak," tandas dia.

Sebelumnya, sejumlah kegiatan yang dihadiri oleh Rizieq Shihab dinilai mengabaikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Antara lain peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Syariah, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselingi akad nikah putri dari Rizieq Shihab, Syarifah Najwa.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis bahkan langsung merotasi Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dari jabatannya karena dituding tak tegas menegakkan aturan protokol kesehatan hingga menimbulkan kerumunan.

Kepolisian pun saat ini sedang menyelediki dugaan pelanggaran protokol kesehatan untuk dibawa ke ranah pidana. Beberapa orang telah diundang untuk dimintai keterangan. Antara lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan lain-lain.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya