Warga Tangerang Hentikan Kendaran dan Beri Hormat Saat Detik-Detik Proklamasi

Seorang warga yang diberhentikan kendaraannya saat detik-detik kemerdekaan mengaku tidak terganggu mengingat sebagai upaya menghormati jasa pahlawan di HUT ke-76 RI.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 17 Agu 2021, 13:44 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2021, 13:40 WIB
Detik-Detik Proklamasi, Warga Tangerang Hentikan Kendaraan untuk Beri Hormat
Warga Kota Tangerang, berhenti dan memberi hormat saat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tiba pukul 10.17 WIB, Selasa (17/8/2021). (Foto:Liputan6/ Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Tangerang - Jajaran Polres Metro Kota Tangerang mengajak para pengendara dan pejalan kaki yang melintas di perempatan pintu air, Jalan Daan Mogot berhenti dan memberi hormat sejenak saat detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tiba pada pukul 10.17 WIB, Selasa (17/8/2021).

"Kami dari anggota Kepolisian dibantu Satpol PP dan Dinas Perhubungan pagi ini melaksanakan upacara dan penghormatan bendera bersama-sama masyarakat dan pengendara kendaraan bermotor yang melintas di pintu air ini. Dimana aktivitas ini tidak lama," ungkap AKP Subari Kanit Turjawali Polres Metro Kota Tangerang, Selasa. 

Warga bahkan dengan senang hati menghentikan kendaraan dan aktivitas mereka, kemudian menunjukan rasa nasionalisme dengan mengikuti sejenak detik-detik proklamasi tersebut.

Ditambahkan Subari, selama detik-detik proklamasi, warga yang berkendara juga turun dari kendaraannya dan melakukan penghormatan kepada bendera merah putih. 

"Ya patut disyukuri tadi tidak ada penolakan dan tidak ada yang melakukan protes saat kendaraannya diminta berhenti sejenak dan pengendaranya turun untuk hormat bendera. Dan setelah kegiatan itu, lalu lintas kembali kita buka dan lancar kembali," lanjutnya.


Ingin Tunjukkan Rasa Nasionalisme

Detik-Detik Proklamasi, Warga Tangerang Hentikan Kendaraan untuk Beri Hormat
Warga Kota Tangerang, berhenti dan memberi hormat saat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tiba pukul 10.17 WIB, Selasa (17/8/2021). (Foto:Liputan6/ Pramita Tristiawati)

Sementara itu, Eki Raharjo salah seorang warga yang diberhentikan kendaraannya saat detik-detik kemerdekaan mengaku tidak terganggu dengan aktivitas ini mengingat sebagai upaya menghormati jasa para pahlawan di HUT ke-76 RI tahun 2021 ini.

"Pastinya saya enggak merasa terganggu dengan aktivitas ini karena kami sebagai warga juga berupaya ingin menunjukan rasa nasionalisme dan nilai kebangsaan. Dimana tadi setelah kita diberhentikan, kita diminta turun dari kendaraan lalu kita sikap sempurna dan menghormat kepada bendera merah putih," katanya. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya