BSNP Dibubarkan Nadiem Makarim, Nasib Anggota Tak Jelas

Nadiem Makarim membubarkan BSNP dan menggantinya dengan badan standar nonindependen.

oleh Yopi Makdori diperbarui 31 Agu 2021, 19:17 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2021, 19:17 WIB
4 Pokok Kebijakan 'Merdeka Belajar', Ini Penjelasan Mendikbud
Nadiem Makarim (Sumber: Kemdikbud.go.id)

Liputan6.com, Jakarta - Nasib anggota Badan Satandar Nasional Pendidikan (BSNP) belum jelas pascapembubaran lembaga tersebut. Mantan anggota BSNP, Doni Koesuma mengatakan, mulai hari ini, Selasa (31/8/2021), BSNP praktis tak berkegiatan.

"Per hari ini kami sudah tidak ada kegiatan," kata Doni saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (31/8/2021).

Menurut Doni, saat ini ia bersama koleganya di BSNP belum memiliki status yang jelas.

Dia menilai, pemberhentian dirinya bersama anggota BSNP yang lain seharusnya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Namun hingga detik ini, surat tersebut belum ada. "Kita masih menunggu SK, karena waktu diangkat juga lewat SK," kata Doni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nadiem Bubarkan BSNP

Mendikbudristek Nadiem Makarim resmi membubarkan BSNP. Pembubaran lembaga itu tertuang dalam Permendikbud Nomor 28 Tahun 2021.

Posisi BSNP digantikan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen yang diintegrasikan ke dalam unit kerja Kemendikbudristek, serta bertanggung jawab kepada Mendikbudristek.

Jadi soal karena banyak yang menilai pengintegrasian itu menyalahi UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Pasal 35 Ayat 3 UU Sisdiknas berbunyi bahwa badan standarisasi pendidikan bersifat mendiri dan tak berada di bawah kementerian mana pun.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya