Disebut Tak Maksimal, Ini Sederet Program Anies Baswedan yang Dikritik PDIP

Beberapa program Anies Baswedan yang dianggap PDIP jalan di tempat pada 2021 antara lain, normalisasi sungai untuk penanganan banjir Jakarta, rumah dp nol rupiah, hingga OK OCE.

oleh Ika Defianti diperbarui 22 Des 2021, 06:54 WIB
Diterbitkan 22 Des 2021, 06:42 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin apel siaga banjir
Gubernur Anies Baswedan memimpin apel siaga banjir bersama jajaran TNI, Polri, dan Pemprov DKI Jakarta. (Dok Humas Polda Metro Jaya)

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta mengkritisi sejumlah program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama 2021. Tercatat, setidaknya ada enam program Anies yang dianggap tidak maksimal. 

Beberapa program Anies yang dikritisi mulai dari penanganan banjir hingga penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E di Jakarta. Bahkan, kata dia, ada tiga program kerja Anies yang tidak jalan sama sekali.

"Sebut saja normalisasi sungai, rumah DP nol rupiah, dan OK-OCE. Tiga hal itu realisasinya jalan di tempat tahun ini," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono, Selasa (21/12/2021).

Gembong menjelaskan, normalisasi untuk pencegahan banjir di Ibu Kota belum pernah dikerjakan sejak tahun 2018. Namun Pemprov DKI justru melaksanakan program sumur resapan yang menghabiskan anggaran hingga Rp 411 miliar.

Dia menyatakan, pembangunan sumur resapan tidak memperhatikan sejumlah aspek. Kemudian mengenai rumah DP nol rupiah hanya terealisasi sebanyak 967 unit pada tahun 2021.

Lalu untuk program Oke-Oce pada tahun 2021 baru 6.000 dari 281.812 UMKM yang berhasil mendapatkan akses permodalan.

"Ini jauh dari harapan rakyat Jakarta, karena waktu itu program ini justru yang digadang-gadang orang mampu menyerap tenaga kerja," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies Kehilangan Fokus

Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat di balkon rumah dinas Jalan Suropati, Menteng, Kamis (3/12/2020). Anies Baswedan yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah dinas gubernur karena positif Covid-19 menyempatkan diri untuk berolahraga pada pagi ini (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selanjutnya, Gembong juga menyoroti beberapa program Anies yang tidak berjalan, yaitu pembangunan LRT dan rehabilitasi total bangunan sekolah.

Dia menilai, Anies lebih fokus terhadap kegiatan yang tidak substansial seperti Formula E.

"Kami rasa, tahun 2021 ini bapak gubernur kehilangan fokus untuk mengejar pekerjaan rumah yang sudah kami sampaikan di tahun lalu," jelas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya