Elektabilitas Anies Tinggi di Jakarta, PDIP: Capres Tak Cukup Satu Provinsi Saja

Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, angkat bicara soal hasil survei Populi Center pada warga ibu kota, yang menunjukkan elektabilitas tinggi untuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Feb 2022, 15:54 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2022, 15:49 WIB
Paket Kontrak Pembangunan MRT Fase II Resmi Ditandatangani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, angkat bicara soal hasil survei Populi Center pada warga ibu kota, yang menunjukkan elektabilitas tinggi untuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Menurut Gembong, modal unggul elektabilitas tinggi di satu provinsi saja tidak cukup untuk bersaing menjadi calon presiden atau capres pada Pilpres 2024.

Dia mengatakan, apabila elektabilitas Anies hanya tinggi di Jakarta saja, itu tentu tidak dapat menjadi patokan sebagai suara yang mewakili mayoritas masyarakat Indonesia.

"Elektabilitas capres bukan hanya diukur dari DKI Jakarta saja, katakanlah elektabilitas di Jakarta tinggi tapi belum bisa mewakili cakupan wilayah NKRI," kata Gembong kepada Merdeka.com, Kamis (10/2).

Gembong menjelaskan bahwa dia percaya dengan hasil survei tersebut. Sebab, ia meyakini sebuah survei dipastikan memiliki metodologi yang benar dan sudah seharusnya dapat dipertanggungjawabkan.

"Survei itu kan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Sepanjang metologinya benar saya percaya itu," katanya.

Dalam survei Populi Center menampilkan simulasi 10 tokoh calon presiden, Anies Baswedan memiliki elektabilitas sebesar 34,8 persen. Urutan kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 18,2 persen. Di sisi lain, Ketua Umum Gerindra sekaligus Menhan Prabowo Subianto berada di peringkat ketiga dengan elektabilitas 14 persen. Kemudian ada nama politikus Gerindra sekaligus Menparekraf Sandiaga Uno dengan elektabilitas 6,7 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Muncul Erick Thohir dan Andika Perkasa

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Di bawahnya terdapat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 6,2 persen. Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, menduduki peringkat keenam dengan elektabilitas 4,3 persen. Selain itu, terdapat nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan elektabilitas 4,2 persen.

Kemudian ada nama Erick Thohir dengan elektabilitas 3,7 persen. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto berada di posisi bawah dengan angka elektabilitas 1,5 persen. Ketua DPR dan politikus PDIP Puan Maharani memiliki elektabilitas 0,5 persen.

Responden yang belum memutuskan sebanyak 5 persen dan menolak menjawab 1 persen. Dalam simulasi capres 3 nama, Anies kembali unggul di antara pemilih di ibu kota. Anies mendapatkan elektabilitas 45,5 persen melawan Ganjar dengan elektabilitas 27,5 persen dan Prabowo 20,8 persen.

Simulasi dua nama, Anies juga mampu unggul dari Ganjar. Anies elektabilitasnya mencapai 59,8 persen, sementara Ganjar 33,3 persen. Survei yang dirilis Populi Center pada Rabu (9/2), digelar pada 26 Januari-1 Februari 2022. Survei memiliki 600 responden warga DKI Jakarta yang dipilih secara acak bertingkat. Survei memiliki margin of error sebesar 4 persen.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya