KSAD Dudung Pimpin Apel Kenaikan Pangkat, 4 Pati TNI AD Jadi Letjen

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 23 Feb 2022, 14:03 WIB
Diterbitkan 23 Feb 2022, 14:03 WIB
Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Papua. (Foto: Puspen TNI).

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat. Empat Perwira Tinggi (Pati) TNI AD pun menyandang pangkat bintang tiga atau Letjen dari 54 Pati yang mendapatkan kenaikan pangkat.

Keempatnya adalah Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Dankodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, dan Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa. Maruli Simanjuntak pun tercatat sebagai perwira termuda yang menyandang bintang tiga sebagai lulusan Akmil 1992.

KSAD Jenderal Dudung mengucapkan selamat kepada Pati yang menerima kenaikan pangkat dan berpesan agar mereka dapat mencermati perubahan paradigma TNI saat ini yang lebih dinamis dan humanis. Namun begitu, sisi lain dari globalisasi yang harus diwaspadai adalah nilai-nilai pragmatisme yang menyusup dan mengikis karakter jiwa kesatria prajurit TNI AD.

"Program pembinaan satuan dan pendidikan perlu dioptimalkan dalam membangun personel dan satuan yang adaptif terhadap dinamika perkembangan teknologi dan budaya global," tutur Dudung dalam amanatnya, Rabu (23/2/2022).


Teladan dan Inspirasi

Dudung meminta para Pati dapat menjadi teladan dan inspirasi yang baik bagi bawahannya. Dengan begitu, maka organisasi TNI AD akan memiliki prajurit yang tidak hanya sanggup mengorbankan jiwa raganya, namun juga memiliki keluhuran budi.

"Pada kesempatan yang baik ini saya juga mendorong kepada para Perwira untuk terus mengembangkan kepemimpinan, kinerja, kreativitas dan kemampuan manajerial sesuai level jabatan masing-masing, yang dilandasi keyakinan untuk berbuat yang terbaik, memiliki imajinasi, inovasi, visi, misi serta harapan dan cita-cita," kata Dudung.

Dalam acara Korps Kenaikan Pangkat itu, selain empat Pati menjadi Letjen juga ada 10 Pati menjadi bintang dua atau Mayjen, dan 40 Pati naik pangkat dari Kolonel menjadi bintang satu atau Brigjen.


Infografis

Infografis Wacana TNI-Polri Jadi Penjabat Gubernur Jelang Pilkada 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Wacana TNI-Polri Jadi Penjabat Gubernur Jelang Pilkada 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya