Ucapkan Selamat Isra Miraj, Jokowi: Kita Berjalan ke Arah Cahaya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat memperingati Isra Miraj 1443 Hijriah bagi seluruh umat muslim.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 28 Feb 2022, 13:45 WIB
Diterbitkan 28 Feb 2022, 09:44 WIB
Jokowi.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Foto: Instagram terverifikasi @jokowi)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat memperingati Isra Miraj 1443 Hijriah bagi seluruh umat muslim. Hal itu disampaikannya lewat akun sosial Instagram pribadinya.

"Kehidupan dunia memang penuh dengan ketidakpastian, disrupsi, juga tantangan. Akan tetapi ada satu yang pasti: kita tetap berjalan ke arah cahaya yang terang benderang dan kehidupan yang lebih maju," tutur Presiden Jokowi seperti dikutip Liputan6.com, Senin (28/2/2022).

Unggahan Jokowi sendiri menggambarkan sebuah masjid yang berada di tepian sungai dengan suasana malam. Diterangi oleh cahaya bintang, pantulan bulan, lampu jalan, dan obor.

"Selamat memperingati hari Isra Mi'raj untuk semua umat muslim," kata Jokowi.

Isra Miraj adalah peristiwa naiknya Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha untuk pertama kalinya menerima perintah salat dari Allah SWT. Peristiwa Isra Miraj adalah terjadi tepat pada tanggal 27 Rajab pada suatu malam dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina.

Peringatan Isra Miraj 2022 tepatnya jatuh pada Senin, 28 Februari 2022 yang merupakan hari libur nasional di Indonesia. Pada perjalanan Isra Miraj, Rasulullah dkatakan menembus pintu-pintu langit bersama malaikat Jibril sambil bertemu dengan para Nabi lainnya di setiap pintu langit.


70 Ribu Malaikat

ilustrasi isra miraj
ilustrasi isra miraj

Selain itu, Rasulullah bertemu pula dengan 70 ribu malaikat di Baitul Makmur sampi di Sidratul Muntaha. Dilansir dari laman dream.co.id, peristiwa Isra Miraj sangat berpengaruh bagi umat Islam, karena merupakan perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7 untuk menerima perintah salat dari Allah SWT.

Saat itu, seperti biasa Rasulullah mengisi waktu usai Isya dengan tidur lebih awal agar bisa bangun pada sepertiga malam terakhir untuk salat. Namun, malam itu malaikat Jibril datang mengunjungi Rasulullah.

Jibril lalu mengajak Rasulullah keluar rumah dan bepergian, melaksanakan Isra Miraj. Rasulullah kemudian menaiki Buraq bersama Jibril dan Mikhail, untuk kemudian dalam sekejap melesat menuju Masjidil Aqsa. Usai salat, Rasulullah melanjutkan perjalanan menuju Baitul Maqdis.

Setiba di sana, Rasulullah disambut Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan para nabi lainnya. Allah SWT telah mempersiapkan mereka agar bertemu dengan Rasulullah. Setelah itu, mereka salat berjemaah dengan Rasulullah sebagai imam.

Saat berada di langit ketujuh, Rasulullah bertemu dengan Nabi Ibrahim yang perawakannya sangat mirip dengannya. Dari perjalanan ini Rasulullah mendapatkan banyak sekali pesan dari para nabi lain untuk penyebaran Islam kepada umat muslim.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya