Jokowi: Pembangunan IKN Diawali Rehabilitasi Hutan, Agar Kembali Jadi Hutan Tropis

Jokowi menyampaikan, nantinya jutaan bibit yang dihasilkan dari Persemaian Mentawir akan dibawa ke IKN untuk kemudian ditanam di lahan-lahan kritis.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 14 Mar 2022, 20:45 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2022, 20:42 WIB
Presiden Jokowi meninjau Persemaian Mentawir yang terletak di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (14/3/2022).
Presiden Jokowi meninjau Persemaian Mentawir yang terletak di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (14/3/2022). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau langsung Persemaian Mentawir yang terletak di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Dia berkeliling untuk melihat sejumlah fasilitas dan bibit pohon yang ada di persemaian.

Jokowi menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk mengawali pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan merehabilitasi hutan yang ada. Dia ingin kawasan IKN dapat kembali berfungsi sebagai hutan tropis.

"Inilah yang sudah sering saya sampaikan bahwa pembangunan IKN akan kita awali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada, agar area-area di IKN dan sekitarnya agar kembali pada fungsi semula yaitu sebagai hutan tropis dan bukan hutan yang monokultur, yang homogen," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022).

Persemaian Mentawir dalam 6-7 bulan ke depan diharapkan akan dapat memproduksi 15-20 juta bibit pohon yang antara lain terdiri atas kayu nyatoh, meranti, kapur, gaharu, hingga jambu-jambuan. Dengan penanaman pohon-pohon tersebut, diharapkan akan menarik hewan dan burung-burung untuk masuk ke habitatnya di IKN.

"Saya kira semangat awal kita adalah seperti ini dan kita harapkan dengan penanaman kembali habitat yang ada akan kembali seperti semula dan suasana di IKN Nusantara nanti betul-betul seperti konsep yang sudah kita rencanakan yaitu kota hutan," jelas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ditanam di lahan-lahan kritis

8 Potret Jokowi dan Para Menteri Kemah di Titik 0 Km IKN, Gunakan Tenda Sederhana
Presiden Jokowi dan Menteri kemah di IKN (Sumber: Instagram/jokowi)

Jokowi menyampaikan, nantinya jutaan bibit yang dihasilkan dari Persemaian Mentawir akan dibawa ke IKN untuk kemudian ditanam di lahan-lahan kritis.

"Kedua, untuk tanaman di sela-sela tanaman eukaliptus yang ada di sana sehingga saat eukaliptusnya ditebang tanaman-tanaman ini, meranti, kapur, nyatoh, gaharu, bangkirai, jambu-jambu semuanya sudah pada posisi yang tinggi," kata Jokowi.

Dalam peninjauan ini, Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Kemudian, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.


Melihat Isi Tenda Kemah Jokowi di IKN

8 Potret Jokowi dan Para Menteri Kemah di Titik 0 Km IKN, Gunakan Tenda Sederhana
Presiden Jokowi dan Menteri kemah di IKN (Sumber: Instagram/jokowi)

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan berkemah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Senin malam (14/3/2022). Tenda untuk Jokowi beristirahat pun telah dibangun.

Kepala Sekretariat Presiden mengatakan, isi tenda Jokowi kemah tidak banyak, hanya kasur untuk tidur. Dia memastikan, tidak ada pendingin ruangan (AC) di dalam tenda tempat Jokowi akan tidur.

"Ya menginap di tenda, isi tenda hanya kasur saja. Enggak ada (AC)," kata Heru kepada wartawan, Senin (14/3/2022).

Menurut dia, tidak ada makanan khusus yang dipersiapkan di tenda Jokowi di IKN Nusantara. Kendati begitu, pihak Istana menyiapkan mi instan di tenda untuk Presiden Jokowi.

"Makanan biasa saja kue dan buah. Enggak ada (makanan khusus). Paling Indomie (mi instan)," ujar dia.


Pertimbangan Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Negara yang Baru

Infografis Pertimbangan Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Negara yang Baru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pertimbangan Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Negara yang Baru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya