Y20 Gelar Pra-KTT di Palembang, Bahas Masalah Ketenagakerjaan hingga Kewirausahaan

Michael mengatakan, pandemi tidak hanya merusak peluang kerja, namun mendorong para pemuda ke pekerjaan dengan kualitas lebih rendah, serta menghambat jalur masuk bagi pencari kerja pertama kali.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Mar 2022, 00:02 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2022, 20:00 WIB
Co-chairs Y20 Indonesia 2022, Michael Victor Sianipar menuturkan dampak pandemi COVID-19 telah menghancurkan pekerja muda di seluruh negara G20.
Co-chairs Y20 Indonesia 2022, Michael Victor Sianipar menuturkan dampak pandemi COVID-19 telah menghancurkan pekerja muda di seluruh negara G20. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Y20 Indonesia 2022 akan menyelenggarakan Pre-Summit atau Pra-KTT di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada 19-20 Maret 2022. Dalam kesempatan itu, para delegasi Y20 akan menggelar talkshow mengenai Youth Employment atau Ketenagakerjaan Pemuda.

Co-chairs Y20 Indonesia 2022, Michael Victor Sianipar menuturkan dampak pandemi COVID-19 telah menghancurkan pekerja muda di seluruh negara G20. 

"Saya mengajak para delegasi Y20 untuk berpikir tentang perubahan nyata dan kontinuitas. Saya juga berharap dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa apa yang didiskusikan dan diputuskan pada KTT tahun ini akan memberikan dampak yang signifikan,” ujar Michael dalam keterangan resmi, Jumat (18/3/2022).

Michael menuturkan masalah ketenagakerjaan muda sebelum pandemi juga semakin menambah berat persoalan itu, seperti pengangguran hingga penurunan permintaan tenaga kerja.

Lebih lanjut, Micahel mengatakan, pandemi tidak hanya merusak peluang kerja, namun mendorong para pemuda ke pekerjaan dengan kualitas lebih rendah, serta menghambat jalur masuk bagi pencari kerja pertama kali. 

Kemudian, transisi dari jenjang sekolah ke dunia kerja pun penuh dengan banyak kesulitan dengan ditandai pekerjaan bergaji rendah, berstatus rendah, dan tidak stabil. Dia juga menyampaikan Pra-KTT di Palembang akan diikuti oleh delegasi dari Indonesia dan perwakilan pemuda anggota G20.

Kemudian, talkshow juga akan menghadirkan sejumlah tokoh, seperti Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Sosial Tri Rismaharini, perwakilan International Labour Organization (ILO), hingga Universitas Oxford.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bakal Digelar di Sejumlah Daerah

KTT Y20, wadah bagi anak muda negara anggota G20 untuk berdiskusi dan berdialog soal isu-isu dunia.
KTT Y20, wadah bagi anak muda negara anggota G20 untuk berdiskusi dan berdialog soal isu-isu dunia.

Michael menambahkan terdapat subtema yang juga akan dibahas saat talkshow, yakni mengenai Jaring Pengaman Sosial untuk Pekerja di Sektor Informal dan Non- Standar Kewirausahaan Sosial Pemuda.

Selain di Palembang, Michael menyampaikan Pra-KTT juga akan diselenggarakan di sejumlah kota lain di Indonesia, yakni Nusa Tenggara Barat, Balikpapan, dan Manokwari. Sedangkan puncak KTT Y20 akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli 2022.

Youth 20 adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, dan bertukar ide, hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20. Hasil dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 adalah terciptanya Y20 Communiqué.

Konferensi Y20 pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010. Selanjutnya, tuan rumah penyelenggara berganti setiap tahunnya berdasarkan lokasi Presidensi G20 berlangsung. Tahun ini, Y20 yang diselenggarakan di Indonesia mengusung tema ‘Dari Pemulihan ke Resiliensi: Membangun Kembali Agenda Pemuda Pasca COVID-19’.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya