Jelang Ramadan, Erick Thohir Resmikan Reaktivasi Jalur Kereta Api Garut-Cibatu

Menteri BUMN, Erick Thohir, meresmikan reaktivasi jalur Kereta Api (KA) Garut-Cibatu di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang sempat terhenti operasionalnya sejak 1982.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 24 Mar 2022, 13:04 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2022, 13:04 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir, meresmikan reaktivasi jalur Kereta Api (KA) Garut-Cibatu di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang sempat terhenti operasionalnya sejak 1982 (Istimewa)
Menteri BUMN, Erick Thohir, meresmikan reaktivasi jalur Kereta Api (KA) Garut-Cibatu di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang sempat terhenti operasionalnya sejak 1982 (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN, Erick Thohir, meresmikan reaktivasi jalur Kereta Api (KA) Garut-Cibatu di Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang sempat terhenti operasionalnya sejak 1982. Hal itu tentu demi bisa melayani kebutuhan transportasi masyarakat.

"Saya berharap reaktivasi ini bisa memfasilitasi transportasi masyarakat dan mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar," ujar Erick Thohir dalam acara tersebut, Kamis (24/3/2022).

Usai peresmian, Erick Thohir memantau langsung persiapan fasilitas Stasiun Garut. Bertempat di di pusat kota, stasiun itu terlihat tetap terjaga kelestariannya karena menjadi bagian dari sejarah.

"Apalagi sebentar lagi bulan Ramadan, salah satu fokus kami adalah melayani penumpang yang beribadah puasa nyaman dalam menjalankan dengan segala fasilitas di stasiun dan kereta selama perjalanan. Apalagi untuk pemudik yang ingin pulang kekampung halaman, kami pastikan semua fasilitasnya nyaman," jelas dia.

Untuk memfasilitasi pelanggan yang lebih besar, KAI juga membangun gedung baru yang lebih luas dan modern di Stasiun Garut. Termasuk dilengkapi sarana antara lain masjid, ruang VIP, ruang lakatasi, pos kesehatan, ruang keamanan, area bermain anak, hingga lahan parkir kendaraan.

"Keren nih fasilitasnya, masjidnya juga bikin pemudik maupun wisatawan beribadah dengan nyaman. Bahkan di sini juga ramah anak karena ada area bermain dan terdapat ruangan khusus bagi ibu menyusui," kata Erick Thohir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ajak Warga Gunakan Kereta Api

Erick juga mengajak masyarakat untuk menggunakan kereta api lantaran merupakan transportasi publik yang aman, murah, nyaman, dan tepat waktu.

"Selain harga tiketnya murah, Garut juga banyak potensi wisata. Ini bisa menjadi peluang untuk pelaku usaha kecil di sekitar stasiun untuk memasarkan produk lokal mereka dengan membuatkan pojok UMKM," Erick menandaskan.

Seperti diketahui, kereta api komersial dari Stasiun Garut-Pasar Senen masih dalam tahap uji coba selama 60 hari demi memastikan kelayakan dan keamanan bagi penumpang.

KA Garut-Jakarta diharapkan dapat beroperasi sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022, sehingga masyarakat dari Jakarta yang ingin mudik ke Garut dapat menggunakan kereta api tanpa harus terjebak kemacetan.


Infografis

Infografis Jalur Kereta Api Indonesia
Begini jalur kereta api di seluruh Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya