Gerindra soal Keputusan NasDem Tak Usung Capres Internal: Itu Urusan Partai Lain

Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan pihaknya menghormati apapun keputusan NasDem.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 17 Jun 2022, 15:22 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2022, 15:22 WIB
Muzani
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani turut meninjai proses vaksinasi booster yang digelar di halaman DPP Partai Gerindra. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem akan mengumumkan tiga nama tokoh yang akan didukung menjadi capres di Pilpres 2024.

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Panglima TNI Andika Perkasa disebut tiga teratas yang dipilih DPW-DPW NasDem.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan pihaknya menghormati apapun keputusan NasDem.

"Saya tidak bisa mengomentari atas hasil raker partai lain, itu urusan rumah tangga partai lain, saya menghormati apapun keputusan rakernas Nasdem dan apapun yang diputuskan oleh kawan-kawan NasDem," kata Muzani pada wartawan, Jumat (17/6/2022).

Dia menyebut NasDem tentu memiliki pertimbangan sendiri terkait pilihan Pilpres 2024.

"NasDem tentu memiliki cara pandang masing-masing. Sekali lagi kami menghormati dan menhargai atas apapun yang diputuskan NasDem," tutur Muzani.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menyatakan tidak ada sosok internal yang diusung NasDem untuk maju Pilpres 2024.

"Nasdem kali ini tidak mengusungkan calon internal. Tiga-tiganya kader terbaik Republik Indonesia," tutur Willy di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kantongi 3 Nama

Menurut Willy, sejauh ini memang Partai Nasdem telah mengantongi tiga nama untuk diusung maju Pilpres 2024. Lebih lanjut, arah koalisi pun akan mengikuti figur yang dijagokan tersebut.

"Itu keniscayaan, Nasdem tidak bisa mengusung capres sendiri, nasdem baru memiliki separuh tiket, Nasdem belum memiliki boarding pass. Maka kemudian kami akan berdialog, kami akan ta'aruf, kami akan bangun kesepahaman dengan partai-partai lain dengan tiga nama ini, siapa yang kira-kira mereka akan cocok. Atas dasar itulah kemudian koalisi dibangun," jelas dia.

Willy memastikan, ketiga sosok yang diusung Partai Nasdem merupakan figur terbaik dan sesuai dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat.

 


Diumumkan ke Publik

Rencananya, malam ini Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem akan mengumumkan tiga nama tersebut ke publik.

"Ya kami juga sudah berkonsultasi dengan Pak Surya Paloh sebelum melakukan. Pak Surya bilang, ya kalian putuskan saja. Silakan, itu keputusan SC, keputusan Rakernas, nanti dibacakan, itu saja kata Pak Surya," Willy menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya