Cuaca Besok Selasa 13 September 2022, Langit Pagi Jakarta Cerah Berawan

Cuaca besok Selasa 13 September 2022, pagi hari di Jakarta seluruh langitnya diperkirakan cerah berawan, namun sedikit berbeda pada siang hari.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 12 Sep 2022, 08:15 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2022, 08:15 WIB
Ilustrasi Cuaca Jakarta
Cuaca Jakarta Cerah Berawan (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca besok Selasa 13 September 2022, pagi hari di Jakarta seluruh langitnya diperkirakan cerah berawan, namun sedikit berbeda pada siang hari.

Menurut laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan berintensitas ringan diprediksi guyur Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari.

Pada malam harinya, BMKG menyebut, langit Jakarta hampir keseluruhannya diperkirakan cerah, kecuali Kepulauan Seribu cerah berawan.

Untuk wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat, langit berawan akan diprediksi ada pada pagi hingga siang hari.

Namun hujan dengan intensitas ringan diperkirakan turun pada malam harinya.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang hingga malam hari di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupatendan Kota Sukabumi," jelas peringatan dini BMKG.

Berbeda, wilayah Kota Tangerang, Banten, pada pagi hari diprediksi cerah berawan, siang hujan ringan, malam harinya kembali berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah
 Jakarta Selatan   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah
 Jakarta Timur   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah
 Kepulauan Seribu   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Bekasi   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Depok   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

Tanggul penahan gelombang tinggi di pesisir selatan Cilacap. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Tanggul penahan gelombang tinggi di pesisir selatan Cilacap. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga yang beraktivitas di pesisir dan laut untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia. Gelombang tinggi bisa terjadi pada tanggal 11 - 12 September 2022.

"BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan di Indonesia pada 11 - 12 September 2022," tulis keterangan resmi BMKG, pada Minggu 11 September 2022.

Menurut BMKG, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 3 - 15 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten - Jawa Barat dan Samudra Hindia Selatan Banten," kata BMKG.

Kondisi itu menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh - Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu - Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan P. Sawu - Rote, Laut Sawu, Selat Makasar bagian selatan, Lau Arafuru bagian timur.


Kisaran Tinggi Gelombang

Banjir Rob Landa Pesisir Jakarta
Gelombang tinggi dan angin kencang menghantam pesisir Jakarta, Kamis (9/1/2020). Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) memetakan kawasan yang rawan diterjang banjir rob selama cuaca ekstrem melanda Jakarta pada 9 hingga 12 Januari 2020. (merdeka.com/Imam Buhori)

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2.50 - 4.0 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Banten - Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa - NTB.

Maka, BMKG selalu menghimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi yang menggunakan moda transportasi seperti perahu maupun kapal.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," imbau BMKG.

Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia
Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya