Cuaca Hari Ini Senin 5 September 2022: Jabodetabek Hujan Siang Nanti

Cuaca hari ini, Senin (5/9/2022), wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) langit paginya diperkirakan cerah berawan.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 05 Sep 2022, 06:15 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2022, 06:15 WIB
Cuaca Ekstrem Melanda Jakarta
Pengendara motor menggunakan jas hujan saat hujan deras mengguyur kawasan Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (31/5/2022). Potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia pada hari ini dipengaruhi oleh kemunculan bibit siklon tropis 92S di Samudera Hindia selatan Jawa Barat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca hari ini, Senin (5/9/2022), wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) langit paginya diperkirakan cerah berawan.

Namun berbeda pada siang hingga malam hari nanti, diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Cuaca hujan berintensitas ringan diperkirakan siang hari nanti mengguyur Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur, sisanya berawan serta cerah berawan. Malam nanti, seluruh langit Jakarta diprediksi berawan.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jaktim dan Jaksel pada sore hingga menjelang malam hari," terang peringatan dini BMKG.

Tak jauh berbeda, wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat, siang hingga malam hari nanti diperkirakan turun hujan dengan intensitas ringan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang/sore hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang," jelas peringatan dini BMKG.

Senada, Kota Tangerang, Banten juga siang nanti diprediksi diguyur hujan dengan intensitas ringan, malamnya berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Timur   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan

Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Dumai

Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Dumai
Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Dumai. (www.bmkg.go.id)

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menggelar kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Tahun 2022 pada Kamis 1 September 2022 di Pendopo Sri Bunga Tanjung, Kota Dumai.

Dengan mengusung tema "Dengan SLCN, Wujudkan Nelayan Hebat, Selamat, dan Sejahtera", SLCN diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para nelayan dan instansi terkait terhadap pemanfaatan informasi cuaca.

Kegiatan SLCN secara resmi dibuka oleh anggota Komisi V DPR RI, Ir. Effendi Sianipar, yang juga dihadiri oleh Wali Kota H. Paisal, SKM, MARS dan Kepala Dinas Perikanan Dumai Mukhlis Suzantri.

Dalam sambutannya, Wali Kota Dumai H. Paisal mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan BMKG terhadap sektor perikanan dan kelautan di wilayah Kota Dumai melalu SLCN ini.

"Kegiatan SLCN ini sebagai upaya mewujudkan program nawacita di bidang kedaulatan pangan dan pengembangan ekonomi maritim dan kelautan," ujar H. Paisal yang dikutip dari laman resmi BMKG, Minggu (4/9/2022).

Selain itu, kegiatan ini juga turut dihadiri Deputi Bidang Meteorologi Guswanto (secara virtual) dan Widyaiswara Utama Pusdiklat BMKG Mulyono Rahadi Prabowo serta 100 peserta dari berbagai unsur masyarakat dan dinas terkait.

 


Waspada Perubahan Iklim

Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Dumai.
Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Dumai. (www.bmkg.go.id)

Secara khusus Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menggarisbawahi potensi perikanan tangkap dan budidaya di wilayah Kota Dumai cukup menjanjikan sehingga pemilihan lokasi SLCN di Kota Dumai secara tepat dapat membantu mengoptimalkan potensi sumber daya tersebut.

Guswanto juga menambahkan bahwa Perubahan iklim dengan beberapa dampak seperti meningkatnya suhu muka laut hingga frekuensi badai tropis akan mempengaruhi kondisi cuaca di laut.

"Dengan SLCN, BMKG berharap dapat memberikan pemahaman mengenai informasi cuaca maritim kepada nelayan dan instansi terkait untuk mendukung aktivitas melaut, mengurangi risiko kecelakaan, dan meningkatkan produktivitas tangkapan, serta mengubah paradigma mencari ikan menjadi menangkap ikan," jelas Guswanto.

Selain itu, BMKG juga berharap adanya kerjasama dari bmkg, instansi terkait, dan nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan dan keamanan nelayan.

Dia juga memberikan pesan bahwa para nelayan perlu memaksimalkan informasi cuaca yang diberikan BMKG guna memaksimalkan keselamatan dalam melaut serta untuk mengoptimalkan hasil tangkapan.

Kepala Stasiun Meteorologi SSK II Pekanbaru Ramlan dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan kegiatan SLCN adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada peserta terkait pemanfaatan produk informasi cuaca dan iklim maritim BMKG, karakterisitik cuaca perairan dan produk-produk terkait yang dapat dimanfaatkan oleh nelayan untuk mendukung peningkatan kualitas hasil perikanan.

Agar ilmu yang diperoleh bisa dimanfaatkan secara optimal, kegiatan SLCN dilakukan dengan menggabungkan materi oleh para instruktur serta praktek dan diskusi secara langsung dengan narasumber dari Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Stamet SSK II Pekanbaru, Dinas Perikanan Dumai, KSOP Dumai, dan Distrik Navigasi Dumai.

Para peserta SLCN juga diberikan wadah melalui Whatsapp sebagai tempat untuk diskusi agar komunikasi dapat terus berlanjut sehingga dukungan BMKG terhadap para nelayan dapat terus optimal kedepannya.

Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya