Erick Thohir Dinilai Sosok Pemimpin yang Konkret Bekerja untuk Indonesia

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Drajad Wibowo menilai, Erick Thohir melakukan kerja-kerja besar untuk Indonesia.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Nov 2022, 19:59 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2022, 18:16 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir  saat datang ke kantor PLN untuk menyapa Serikat Pekerja dan Milenial PLN, pada Kamis, 7/4/2022).
Menteri BUMN Erick Thohir saat datang ke kantor PLN untuk menyapa Serikat Pekerja dan Milenial PLN, pada Kamis, 7/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir terus menunjukkan komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Tanah Air. Sejumlah kebijakan yang diluncurkan berhasil terealisasi optimal di tengah kondisi ancaman krisis global.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Drajad Wibowo menilai, Erick Thohir melakukan kerja-kerja besar untuk Indonesia. Setiap tugas maupun program kerja terlaksana dengan amat baik.

"Itu kinerja yang saya lihat real things done dan saya rasa banyak hasil yang dicapai," kata Drajad di Jakarta, Minggu (13/11/2022).

Dia menuturkan kepemimpinan Erick Thohir di Kementerian BUMN terus menghadirkan berbagai pencapaian cemerlang. Realisasi kebijakan yang terus dioptimalkan terbukti mampu meningkatkan sektor perekonomian masyarakat sehari-hari.

Misalnya saja, tambah Drajad, seperti kebijakan transformasi BUMN yang diinisiasi Erick Thohir banyak mendapat banyak apresiasi positif. Kehadirannya mampu menciptakan dampak baik signifikan kepada masyarakat.

Seperti peningkatan revenue BUMN tumbuh 18,8 persen pada 2020-2021, menjadi Rp 2.295 triliun. Bersamaan juga dengan peningkatan laba konsolidasi yang naik 838,2 persen dari Rp 13 triliun pada 2020 menjadi Rp 124,7 triliun pada 2021.

"Pak Erick Thohir ini memang bisnisman pemimpin yang seorang doer yang things done. Jadi man of action," kata Drajad.

Di samping itu, dia menilai, Erick Thohir merupakan pemimpin yang memiliki kecakapan manajerial. Terbukti setiap program kerja bahkan tugas-tugas kenegaraan khusus dari presiden selalu berhasil dituntaskan dengan amat baik.


Bawa Elektoral

Menteri Badan BUMN Erick Thohir menjadi figur calon wakil presiden (Cawapres) potensial mendampingi Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sejumlah keunggulan Erick Thohir menjadi modal berharga untuk memperkokoh suara Prabowo di Pilpres 2024.

Terlebih lagi, kedekatan Erick Thohir dengan berbagai elemen masyarakat turut membawa berkah elektoral secara signifikan. Sehingga keberadaannya memiliki potensi besar untuk mendongkrak suara dalam pemilihan.

Menurut Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor, kehadiran Erick Thohir bisa membawa berkah secara elektoral, tak terkecuali terhadap Prabowo.

“Menurut saya Erick Thohir itu masuk (sebagai cawapres),” kata Firman seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jakarta (13/11/2022).

Potensi Prabowo-Erick berduet di Pilpres 2024 sangat terbuka lebar. Apalagi saat ini Erick Thohir begitu populer bagi publik berkat berbagai capaian-capaian besar yang berhasil diraih selama memimpin Kementerian BUMN.

Menurut dia, kedekatan Erick Thohir dengan berbagai kalangan masyarakat sangat terlihat. Hal ini terlihat saat Erick Thohir berkunjung di berbagai wilayah. Sosok Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini tidak pernah ragu berinteraksi langsung dengan masyarakat kecil.

Kondisi tersebut tentu dapat menambah tingkat keterpilihan Erick Thohir sebagai figur cawapres pada kontestasi 2024 mendatang.

“Jelas memang ada kedekatan karena Erick termasuk rajin ke lapangan untuk meraih minat masyarakat,” tutur Fiman.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya