Halte Transjakarta Pasar Kebayoran Lama Ditargetkan Rampung Februari 2023

Hari juga mengatakan, progres pembangunan Halte Pasar Kebayoran Lama baru mencapai 40 persen.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Jan 2023, 12:01 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2023, 12:01 WIB
Melihat Pembangunan Skywalk Penghubung Stasiun dengan Halte di Kebayoran Lama
Pekerja menyelesaikan pembangunan jembatan penyeberangan orang (skywalk) di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (2/11/2022). Pengerjaan skywalk sepanjang 500 meter dengan desain cahaya artistik dan dilengkapi fasilitas lift nantinya mengintegrasikan Stasiun Kebayoran dengan Halte Transjakarta Koridor 8 dan Koridor 13. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengungkapkan, revitalisasi Halte Transjakarta Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (Koridor 8) menjadi penyebab belum beroperasinya jembatan layang atau Skywalk Kebayoran Lama.

"(Halte) Velbak memang sudah selesai (revitalisasi). Jadi yang belum selesai Koridor 8," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho kepada wartawan saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Untuk diketahui, skywalk di Kebayoran Lama akan terkoneksi dengan Halte Velbak (Koridor 13)-Halte Kebayoran Lama (Koridor 8)-Stasiun Kebayoran Lama.

Hari juga mengatakan, progres pembangunan Halte Pasar Kebayoran Lama baru mencapai 40 persen. Nantinya, ia akan berkomunikasi dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk memutuskan waktu skywalk tersebut dioperasikan.

"Rencana mau saya cek. Saya akan lapor Pak Pj apakah difungsikan dulu sambil nunggu ini atau gimana. Kalau mau dioperasikan, nanti yang di bawah, yang ke Halte akoridor 8 ditutup dulu," jelas Hari.

Lebih lanjut, Hari berharap revitalisasi Halte Pasar Kebayoran Lama dapat rampung pada bulan Februari 2023.

"InshaAllah (selesai) sebulan lagi sehingga bisa terkoneksi tiga moda. Nanti aku minta supaya cepat selesai," kata Hari.

 

Sebelumnya, Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membangun skywalk Kebayoran Lama sejak 2018. Jembatan sepanjang kurang lebih 500 meter ini dilengkapi dengan cahaya listrik dan lift.

Pembangunan skywalk ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya para pengguna moda transportasi umum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ruang Penyetaraan

 

Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan mengatakan, skywalk dibangun bukan hanya menjadi fasilitas penghubung transportasi umum dengan fasilitas lainnya, melainkan sebagai ruang yang menyetarakan dan membawa suasana persatuan.

“Kemudian skywalk ini didukung dengan kawasan simpang temu yang merupakan project di beberapa lokasi. Penataannya dirancang untuk menjadi ruang yang menyetarakan, yang mempersatukan, yang membuat perasaan kebersamaan. Jadi kami garis bawahi pentingnya memandang transportasi umum bukan sekadar memindahkan badan, tetapi sebagai instrumen yang membangun perasaan kebersamaan dan persatuan di masyarakat,” kata Anies.

Selain skywalk Kebayoran Lama, telah rampung juga skywalk Lebak Bulus yang menghubungkan Mal Poins Square dan Stasiun MRT Lebak Bulus.

Reporter: Lydia Fransisca/Merdeka.com

 

Infografis Donny Saragih Batal Jadi Dirut Transjakarta
Infografis Donny Saragih Batal Jadi Dirut Transjakarta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya