Jadi Calon Ketum PSSI, Erick Thohir: Sepak Bola Indonesia Sudah Terlalu Lama Kotor

Calon Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan bahwa perlu nyali untuk menciptakan sepak bola yang bersih dan berprestasi.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 01 Feb 2023, 15:17 WIB
Diterbitkan 01 Feb 2023, 15:17 WIB
Erick Thohir
Erick Thohir menyerahkan dokumen pendaftaran calon Ketua Umum di kantor PSSI yang terletak di Lantai 6 GBK Arena, Jakarta pada Minggu (15/1/2023) siang.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan bahwa perlu nyali untuk menciptakan sepak bola yang bersih dan berprestasi. Menteri BUMN itu menyebut dirinya berusaha untuk memperbaiki sepak bola Indonesia yang sudah lama kotor.

Namun, kata dia, hal itu tergantung dari suara para voters. Erick tak memaksa apabila para voters ternyata tidak merasa nyaman atau sepemikiran dengannya terkait bersih-bersih di PSSI.

"Saya sudah berulang-ulang ini perlu nyali untuk kembali, bersih-bersih. Kita harus ciptakan sepak bola yang bersih dan berprestasi. Ini yang kita coba ciptakan. Tapi kan kembali, sama ini kan yang tentukan voters," jelas Erick Thohir kepada wartawan di Jakarta, Rabu (1/2/2023).

"Kalau ternyata voters-nya tidak confidence dengan saya, ya gimana. namanya juga usaha. Usaha memperbaiki sepak bola Indonesia yang sudah terlalu lama kotor," sambungnya.

Erick mengungkapkan saat awal-awal ditunjuk menjadi Menteri BUMN, dirinya dikenal sebagai sosok yang kerap memenjarakan orang. Padahal, dia mengaku hanya ingin memproses hukum korupsi yang terjadi di Jiwasraya, Asabri, dan Garuda Indonesia.

"Ini sama, kalau sepak bola ini diperjualbelikan, apalagi Timnas udah menang disini, lalu main di negara lain, terus kalah. Ingat peristiwa itu, dan jelas dibayar, tidak ada hukuman apa-apa. Kalau merah putih udah dimain-mainin gitu udah harga mati," ujarnya.

Erick menekankan perbaikan sepak bola Indonesia tak berhasil tanpa dukungan para suppoeter. Dia pun melakukan roadshow untuk mendengarkan dan menampung masukan dari para supporter sepak bola, voters, dan pemilik klub sepak bola.

"Itu pun blm tentu jadi. Nanti kita liat. Kalau misalkan enggak jadi yaudah, kita fokus lagi BUMN," tutur Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Umumkan Daftar Calon Ketum PSSI

Komite Pemilihan PSSI Resmi Umumkan Lima Calon Ketua Umum dan 16 Calon Wakil Ketua Umum
Ketua Komite Pemilihan PSSI Amir Burhanuddin mengumumkan sejumlah nama calon ketua dan wakil ketua PSSI di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (31/1/2023). Ada 5 calon Ketum PSSI yang telah memenuhi syarat yaitu La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Deni Setiabudi, Erick Thohir, dan Fary Djemy Francis. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Komite Pemilihan (KP) resmi mengumumkan daftar nama calon sementara ketua umum dan wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027. Pengumuman dilakukan oleh Ketua KP Amir Burhanudin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa 31 Januari 2023.

Sebanyak lima bakal calon ketua umum PSSI dinyatakan lolos tahapan verifikasi yang dilakukan KP, terhitung sejak 22 Januari hingga 31 Januari 2023. Adapun untuk posisi calon wakil ketua umum PSSI, hanya 16 dari 21 bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat.

Sebagai informasi, KP memang sempat melakukan verifikasi awal terhadap nama-nama kandidat yang mengajukan diri sebagai bakal calon, baik untuk posisi ketua umum, wakil ketua umum, maupun komite eksekutif PSSI. Tahapan tersebut dilakukan dengan meninjau dokumen serta dukungan dari klub pengusung.

"Sebagaimana tahapan kongres, hari ini adalah masa pengumuman daftar calon sementara, yang terlebih dahulu kita awali dengan proses verifikasi. Jadwalnya, tanggal 22 hingga 31 (Januari 2023), kita lakukan verifikasi segala dokumen seluruh calon serta dukungan yang masuk ke komite pemilihan," ujar Amir kepada awak media, Selasa 31 Januari 2023.


Daftar 5 Calon Ketum PSSI

Erick Thohir
Menteri BUMN, Erick Thohir resmi mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum PSSI. Erick menyerahkan dokumen pendaftaran di kantor PSSI yang terletak di Lantai 6 GBK Arena, Jakarta pada Minggu (15/1/2023) siang. (Bola.com/Muhammad Iqbal ichsan)

Hasil verifikasi memutuskan seluruh bakal calon ketua umum masuk dalam daftar calon sementara. Akan tetapi, terdapat lima balon waketum yang tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya karena tidak menyerahkan lembar konfirmasi kesediaan atau pernyataan dukungannya dicabut oleh klub pengusung.

Daftar 5 Calon Sementara Ketua Umum PSSI:

1. AA Lanyalla Mahmud Mattaliti

2. Arif Putra Wicaksono

3. Doni Setiabudi

4. Erick Thohir

5. Fary Djemy Francis

Infografis Siapa Bakal Duduki Kursi Panas Ketum PSSI 2023-2027? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Siapa Bakal Duduki Kursi Panas Ketum PSSI 2023-2027? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya