Gempa Turki: Potret Harapan dan Pilu saat Anak-Anak Ditarik dari Reruntuhan Bangunan

Yigit Cakmak (8) diselamatkan dari puing-puing bangunan yang runtuh setelah 52 jam. Itu potret harapan setelah gempa Turki melanda Senin, 6 Februari 2023.

oleh Agustina Melani diperbarui 09 Feb 2023, 21:14 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2023, 19:16 WIB
Foto Udara Kehancuran Kota Hatay Jadi Saksi Dahsyatnya Gempa Turki
Seorang pria berlari di sepanjang jalan yang dipenuhi puing-puing, di Hatay, sehari setelah gempa berkekuatan 7,8 magnitudo melanda Turki, Selasa (7/2/2023). Tim penyelamat di Turki dan Suriah menghadapi cuaca dingin, gempa susulan, dan bangunan yang runtuh, saat mereka menggali untuk para penyintas yang terkubur oleh gempa bumi yang menewaskan lebih dari 5.000 orang. (BULENT KILIC / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Yigit Cakmak, bocah berusia delapan tahun diselamatkan dari puing-puing setelah 52 jam terperangkap di Hatay, Turki.

Mengutip BBC, Rabu (8/2/2023), Ia diselamatkan dari puing-puing bangunan yang runtuh setelah 52 jam. Ia pun dibawa dari gedung kepada ibunya yang sudah menunggu dan menyambut dengan pelukan erat. Potret itu tergambar setelah gempa besar magnitudo 7,8 melanda Turki pada Senin pagi, 6 Februari 2023.

Di sisi lain, potret yang menggambarkan saat seorang ayah kehilangan putrinya. Potret sedih itu tergambar melalui foto yang dirilis Al Jazeera. Seorang ayah memegang tangan putri remajanya yang meninggal terperangkap di bawah puing-puing bangunan yang rata dengan tanah di wilayah Kahramanmaras Turki. Gempa magnitudo 7,8 pada Senin, 6 Februari 2022 beserta gempa susulan telah hadirkan kesedihan dan penderitaan.

Duduk di tengah puing-puing, Mesut Hancer memegang tangan putrinya yang berusia 15 tahun yang terlihat dari bawah tumpukan beton di atas tubuhnya yang tak bernyawa. Di dekat Hancer, penyelamat bekerja secara manual di antara reruntuhan. Demikian mengutip dari Al Jazeera.

Hal itu menjadi salah satu gambaran yang menakutkan yang muncul dari beberapa jutaan anak yang terperangkap dalam bencana gempa bumi di Turki dan Suriah. Gempa Turki diikuti gempa kedua berkekuatan 7,6 dan lebih dari 100 gempa susulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Potret Pilu Ayah Genggam Tangan Putrinya yang Meninggal di Bawah Puing Akibat Gempa Turki
Potret Pilu Ayah Genggam Tangan Putrinya yang Meninggal di Bawah Puing Akibat Gempa Turki (Doc: AFP via Getty Images)

Seorang Ibu dan Putrinya Diselamatkan dari Reruntuhan Setelah 44 Jam

Foto Udara Kehancuran Kota Hatay Jadi Saksi Dahsyatnya Gempa Turki
Foto udara menunjukkan kehancuran di pusat kota Hatay, Turki selatan, Selasa (7/2/2023). Tim pencari dan bantuan darurat dari seluruh dunia mengalir ke Turki dan Suriah pada hari Selasa saat tim penyelamat yang bekerja di suhu beku menggali – terkadang dengan tangan kosong — melalui sisa-sisa bangunan yang diratakan oleh gempa berkekuatan 7,8 magnitudo. (IHA via AP)

Seorang ibu dan putrinya berusia dua tahun diselamatkan di Iskenderun hampir 44 jam setelah hempa pertama melanda Provinsi Hatay yang termasuk yang paling terkena dampak.

Di tenggara Provinsi Adiyaman, seorang anak diselamatkan dari puing-puing dan tak lama kemudian ibunya juga dibawa ke tempat aman. Di Kota Kahramanmaras, Resul Serdar dari Al Jazeera merinci bagaimana penyelamat menyelamatkan seorang gadis berusia 14 tahun yang terjebak di bawah reruntuhan selama lebih dari 40 jam.

“Ketika tim penyelamat membawanya keluar, hal pertama yang dia katakana adalah,” tolong selamatkan ayah saya juga,”. Ayahnya sangat dekat dengannya dan dia juga masih hidup. Belakangan, pada malam hari, ayahnya juga ditarik keluar dari puing-puing, tetapi sayangnya dua anggota keluarga lainnya tidak dapat selamat,” ujar Serdar.

Sementara itu, di Kota Jinderis, barat laut Suriah, penyelamat menemukan bayi menangis yang ibunya tampaknya telah melahirkan saat terkubur di bawah reruntuhan. Tali pusar bayi yang baru lahir itu masih tersambung dengan ibunya Afraa Abu Hadiya yang sudah meninggal.

Gadis itu dibawa ke rumah sakit anak di Kota Afrin, Provinsi Aleppo. Di kota yang sama seorang gadis muda ditarik hidup-hidup dari bawah reruntuhan rumahnya oleh kelompok penyelamat the White Helmet.


Anak-anak di Suriah Hadapi Situasi Kemanusiaan Paling Kompleks

Pencarian Korban dan Penyintas Gempa Turki dan Suriah
Warga dan tim penyelamat mencari korban dan orang yang selamat di antara puing-puing bangunan yang runtuh setelah gempa bumi di desa Besnaya, provinsi Idlib Barat Laut Suriah perbatasan dengan Turki, pada Senin 6 Februari 2022. Tim penyelamat di Turki dan Suriah menerjang cuaca yang sangat dingin, gempa susulan, dan bangunan yang runtuh, saat mereka menggali korban yang tertimbun oleh gempa bumi yang menewaskan lebih dari 5.000 orang. (OMAR HAJ KADOUR/AFP)

UNICEF mengatakan, gambar dari begitu banyak anak yang terjebak dalam bencana itu “menyakitkan”.

“Bahwa gempa awal terjadi saat pagi, ketika banyak anak tertidur lelap, membuatnya semakin berbahaya, dan gempa susulan membawa risiko yang berkelanjutan,” ujar Direktur Eksekutif UNICEF Catherine Russell.

Ia menuturkan, hati dan pikirannya bersama anak-anak dan keluarga yang terkena dampak, terutama mereka yang kehilangan orang yang dicintai atau yang terluka.

“Prioritas utama kami adalah memastikan anak-anak dan keluarga yang terkena dampak menerima dukungan yang sangat mereka butuhkan,” ujar dia.

Unicef menyatakan, kerusakan sekolah, rumah sakit, dan fasilitas medis dan pendidikan lainnya kemungkinan akan berdampak lebih jauh pada kehidupan anak-anak.

Anak-anak di Suriah terus menghadapi salah satu situasi kemanusiaan paling kompleks di dunia setelah lebih dari satu dekade konflik dan krisis ekonomi yang memburuk.

“Penyakit yang ditularkan melalui air, termasuk kebangkitan kolera, membuat anak-anak dalam kondisi sangat rentan,” ujar UNICEF.

Infografis Penyebab Gempa Turki Magnitudo 7,8 dan Lindu Dashyat Sebelumnya. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Penyebab Gempa Turki Magnitudo 7,8 dan Lindu Dashyat Sebelumnya. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya