Valentine Day 14 Februari, Mengingat Lagi Sejarah di Balik Hari Kasih Sayang

Valentine Day atau Hari Valentine dirayakan setiap tahunnya pada 14 Februari. Itu berarti, hari yang juga disebut sebagai Hari Kasih Sayang tersebut diperingati pada hari ini, Selasa (14/2/2023).

oleh Devira Prastiwi diperbarui 14 Feb 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi Hari Valentine
Ilustrasi Hari Valentine. (Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Valentine Day atau Hari Valentine dirayakan setiap tahunnya pada 14 Februari. Itu berarti, hari yang juga disebut sebagai Hari Kasih Sayang tersebut diperingati pada hari ini, Selasa (14/2/2023).

Bagi sebagian orang, Hari Valentine dimaknai dengan berbagai cara untuk mengungkapkan rasa sayangnya. Salah satunya bisa dengan memberikan cokelat, bunga, bingkisan, atau cukup dengan mengucap rasa sayang pada orang yang dikasihi.

Hari Valentine memang biasanya dirayakan dengan orang-orang tercinta, menghabiskan waktu bersama, dan bertukar hadiah atau pun mengirimkan kartu ucapan bernadakan ungkapan kasih sayang.

Meski begitu, Hari Valentine juga tak melulu harus dirayakan bersama pasangan. Bisa ditujukan kepada keluarga, sahabat, rekan kerja maupun orang sekitar.

Namun, sayangnya sejarah Hari Valentine tak semanis itu. Ada beberapa sumber sejarah mengenai perayaan Hari Valentine atau Valentine Day yang rupanya tak semanis cokelat.

Yang pertama, melansir laman The Guardian, asal-usul nama Valentine adalah tiga santo atau orang suci bernama Valentine atau Valentinus. Ketiga pria dari masa 200-an Masehi tersebut tewas secara mengenaskan.

Salah satu kisah menceritakan, Kaisar Romawi Claudius II melarang para tentara muda menikah agar mereka tak "melempem" di medan tempur.

Namun, Uskup Valentine melanggar perintah itu dan menikahkan salah satu pasangan secara diam-diam. Ia lantas dieksekusi mati saat sang penguasa mengetahui pernikahan rahasia itu.

Valentine yang lain adalah seorang pemuka agama di Kekaisaran Romawi yang membantu orang-orang Kristen yang dianiaya pada masa pemerintahan Claudius II.

Saat dipenjara, ia mengembalikan penglihatan seorang gadis yang buta--yang kemudian jatuh cinta padanya. Valentine lalu dieksekusi penggal pada 14 Februari.

Kemudian ada pula uskup yang saleh dari Terni. Dia juga disiksa dan dieksekusi selama pemerintahan Claudius II, juga pada tanggal 14 Februari--di tahun yang berbeda.

 


Keterkaitan Santo Valentine dan Cinta

25 Ucapan Valentine untuk Sahabat, Lucu hingga Menyentuh
Beri ucapan valentine untuk sahabat. (pexels/andres ayrton).

Lantas, apa keterkaitan Santo Valentine dengan Cinta?

Terlepas dari legenda, Geoffrey Chaucer, penyair Inggris dan penulis buku terkenal, 'The Canterbury Tales', menulis sebuah puisi berjudul Parliament of Fowls (1382), untuk merayakan pertunangan Raja Richard II.

Dalam puisi itu, Hari Valentine dirayakan pada 3 Mei, bukan 14 Februari.

"Itu adalah hari di mana semua burung memilih pasangannya dalam setahun," kata Kelly.

"Tak lama setelahnya, dalam satu generasi, orang-orang mengambil ide untuk merayakan Valentine sebagai hari kasih sayang," sambung dia.

Valentine yang menjadi referensi Chaucer mungkin adalah Santo Valentine dari Genoa yang meninggal pada 3 Mei. Tetapi orang-orang pada saat itu tidak begitu akrab dengan sosok itu.

Mereka lebih akrab dengan kisah Valentine dari Roma dan Terni yang dieksekusi pada 14 Februari -- yang lantas dikaitkan dengan cinta.

 


Sejarah Hari Valentine Menurut Festival Lupercalia

Ilustrasi kata-kata ucapan selamat Hari Valentine
Ilustrasi kata-kata ucapan selamat Hari Valentine. (Image by Freepik)

Sejarah Hari Valentine selanjutnya menyebutkan perayaan ini berasal dari sebuah festival. Ada beberapa versi legenda yang menyatakan berita ini.

Meski, sampai saat ini masih belum tahu cerita mana yang memang benar menghasilkan acara Valentine. Salah satunya adalah Festival Lupercalia ini, sudah menjadi tradisi bangsa Romawi kuno yang tidak terlepas dengan hal-hal yang berbau seks.

Kebenaran ini pernah ditulis oleh J A North dalam The Journal of Romance to this volume 98 2008. Selain itu Lupercalia merupakan tradisi nenek moyang Romawi kuno yang tidak bermoral dan tidak melambangkan kehangatan atau kasih sayang sama sekali.

Namun, pada sebuah waktu tradisi ini diubah menjadi lebih baik. Festival Lipercalia yang seringkali dilakukan dianggap sebagai salah satu tradisi untuk menghormati Dewa kesuburan pada zaman pra Romawi.

Lupercalia ini umumnya dirayakan pada tanggal 15 Februari, sedangkan Valentine dirayakan satu hari sebelumnya yakni pada tanggal 14 Februari.

Terlepas dari legenda Santo Valentine atau Festival Lupercalia. Valentine's Day sendiri menjadi sebuah perayaan atau budaya yang banyak dilakukan oleh berbagai negara termasuk di Indonesia.

Banyak hal yang digunakan untuk melambangkan Valentine mulai dari cokelat, kartu, bunga, ataupun ornamen berbentuk hati.

 


Sejarah Simbolisasi Valentine

Ilustrasi Hari Valentine
Ilustrasi Hari Valentine. (Photo by alleksana from Pexels)

Sejarah simbolisasi Valentine juga tidak kalah penting. Seorang pria sebagai Duke Charles of Orleans menulis apa yang dianggap sebagai kartu Valentine tertua.

Ia dipenjara di Tower of London setelah ditangkap di Inggris pada 1415. Charles menuliskan sebuah surat cinta berima untuk istrinya yang kini disimpan di British library.

Karena legenda tersebut muncul, maka banyak masyarakat yang terinspirasi dan memunculkan kebudayaan untuk memberikan ungkapan rasa sayang ketika Valentine tiba.

Sedangkan, untuk asal-usul cokelat Valentine bermula pada abad ke-17 yang dilakukan oleh masyarakat di Eropa dan Amerika Tengah.

Kudapan manis merupakan salah satu makanan yang bisa diberikan kepada mereka yang disayang sebagai ungkapan cinta.

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya