Erick Thohir dan Bahlil Hadiri Peresmian Kantor KIKT, Bicara soal Kekuatan Ekonomi Indonesia

Peningkatan kerja sama antara Indonesia dengan Tiongkok bukan hanya dari segi ekonomi. Sudah lama terjalin hubungan budaya dan diplomasi. Hal inilah yang perlu diperhatikan dalam hubungan kedua negara tersebut.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Mar 2023, 08:02 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2023, 01:29 WIB
Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT)
Peresmikan kantor Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Peningkatan kerja sama antara Indonesia dengan Tiongkok bukan hanya dari segi ekonomi. Sudah lama terjalin hubungan budaya dan diplomasi. Hal inilah yang perlu diperhatikan dalam hubungan kedua negara tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Kantor Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) Garibaldhi Thohir saat meresmikan Kantor KIKT di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Senin (27/03/2023) malam.

Sebagai contoh, nanti akan ada rombongan tari dari Tiongkok yang akan datang di Indonesia. "Diharapkan akan semakin mengenal budaya dan kearifan lokal dari Tiongkok. Dan sebaliknya mereka juga bisa melihat budaya kita, Indonesia dengan budaya bersahabat," kata dia dalam keterangannya.

Dalam acara ini turut hadir Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia. Selain itu, Wakil Ketua Umum Kadin Shinta W Kamdani juga datang.

Dalam kesempatannya, Bahlil menyatakan, di kondisi ekonomi global tak menentu ini, perlu kita terus mencari informasi dan membangun kerja sama kepada semua pihak dengan garis bahwa Indonesia menganut asas politik bebas aktif.

"Terserah pihak-pihak yang berkonflik saat ini, yang penting kita menarik keuntungan dari perkelahian mereka. Selama kita tidak mendikte mereka. Tapi kalau ada penderitaan, maka kita mencari solusi," jelas dia.

Sementara, Erick sendiri menyebut, sebagai bangsa, kita sering terjebak pemahaman negara non blok, jadi blue print ekonomi sering ikut negara lain seperti  AS, Tiongkok, Jepang dan lainnya. "Padahal harus kita sadari, kita memiliki kekuatan sendiri sebagai bangsa," kata dia.

Di tempat yang sama, Maruarar Sirait yang juga Anggota KIKT mengatakan, setiap kerjasama dengan Tiongkok harus didasarkan akan kesetaraan dan saling menghargai dengan prinsip adil.

"Kita ingin menjalin kerja sama yang setara dengan Tiongkok dan saling menghargai, saling menguntungkan dengan prinsip yang adil," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berharap Dapat Mitra Baik untuk Indonesia

Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT)
Peresmikan kantor Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta. (Foto: Istimewa).

Sebelumnya, dalam Perayaan New Year Gathering Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) di SCBD Jakarta berlangsung meriah, Rabu (25/1/2023).

Ketua KIKT Garibaldhi Thohir mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2023. Tahun ini adalah Tahun Kelinci Air yang diprediksi akan banyak kesuksesan yang dikasih, kendati tetap dengan tantangan bersama untuk terus tumbuh meraih sukses.

Dia mengungkapkan, KIKT bertanggung jawab untuk mengembangkan dan meningkatkan hubungan kerja sama perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Tiongkok.

"Melalui acara ini, KIKT berharap hubungan erat terjalin antara KIKT dengan pemerintah Tiongkok. Juga bisa bekerja sama dan bahu membahu dengan investor Tiongkok untuk mendapat mitra yang baik di Indonesia. Kemudian juga meningkatkan ekspor untuk kemakmuran bersama," katanya dalam keterangannya, Rabu (25/1/2023).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya