2 Ribu Pendukung Bakal Jemput Anas Urbaningrum Bebas dari Lapas Sukamiskin

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 11 April 2023.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 11 Apr 2023, 12:20 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2023, 11:03 WIB
Sidang PK Anas Urbaningrum Masuki Tahap Pembacaan Kesimpulan Pemohon
Mantan Ketum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum bersama kerabatnya usai sidang lanjutan PK di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (12/7). Anas mengajukan PK atas putusan kasus korupsi Pembangunan P3SON Hambalang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 11 April 2023. Adik Anas, Anna Lutfie memprediksi sebanyak 2.000 pendukung Anas akan hadir langsung di Lapas Sukamiskin untuk menjemputnya.

Kemudian sesaat setelah bebas, kata Anna, rencananya Anas Urbaningrum akan berpidato. Namun dia pun belum menyebutkan topik pidato dari Anas tersebut.

"Setelah itu kemudian bergerak ke rumah makan untuk persiapan buka bersama dan tarawih, terus kemudian di situ ada diskusi-diskusi sampai jam 21.00 WIB malam, lalu bergerak menuju Blitar (kampung halaman Anas)," kata Anna saat ditemui di Lapas Sukamiskin seperti dikutip dari Antara.

Anas Urbaningrum akan bebas pada pukul 14.00 WIB dan dilakukan acara pelepasan oleh Ka Lapas.

"Pidato Mas Anas yang secara khusus akan disampaikan di hadapan sahabat sahabat. Selanjutnya semua bergabung di RM Ponyo, Cinunuk untuk acara Buka Puasa dan silaturrahim," ujar Kornas Sahabat Anas Urbaningrum, Muhammad Rahmad dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Rahmad mengungkap apa yang akan disampaikan oleh Anas dalam pidato besok. Ia mengatakan, pidato nanti akan ada kejutan.

"Dapat kami sampaikan bahwa Mas Anas akan memberikan kejutan pada pidatonya besok," katanya.

Dia pun memberikan kisi-kisi isi pidatonya. Anas akan bicara soal Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, bukan putranya, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Mas Anas tidak punya urusan dengan AHY, tapi memiliki agenda khusus dengan SBY," ujar Rahmad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anas Bebas 11 April 2023

Anas Urbaningrum Sidang Pengajuan PK Kasus Hambalang
Mantan politisi Partai Demokrat, Anas Urbaningrum saat mengikuti sidang lanjutan pengajuan Peninjauan Kembali (PK) kasus korupsi dan pencucian uang proyek P3SON Hambalang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (8/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya,  Anas Urbaningrum dipastikan bebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 11 April 2023 besok.

Hal tersebut dibenarkan Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Kusnali.

"Insyaallah besok, Selasa tanggal 11 April 2023," ujar Kusnali dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Kemenkumham Rika Apriyanti menyatakan hal serupa. Rika menyebut Anas Urbaningrum akan dikeluarkan dari Lapas Sukamiskin usai persyaratan pembebasan dinyatakan lengkap.

"Kalau pun sudah memenuhi persyaratan, sudah dicek dari pihak Lapas juga, maka pengeluaran Anas akan dilaksanakan besok (Selasa, 11 April 2023), dalam rangka program integrasi Cuti Menjelang Bebas (CMB)," kata Rika saat dikonfirmasi, Senin (10/4/2023).

Rika menyebut Anas tak bebas murni, melainkan masih harus lapor ke Balai Pemasyarakatan. Hanya saja Rika tak menjelaskan detail hingga kapan Anas menjadi klien Bapas.

"Dan besok juga yang bersangkutan akan berlaih status menjadi klien Bapas," kata Rika.

Infografis Anas Urbaningrum Bebas April 2023, Kans Kembali ke Panggung Politik? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Anas Urbaningrum Bebas April 2023, Kans Kembali ke Panggung Politik? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya