Survei SMRC: Mayoritas Santri di Jawa Pilih Ganjar Pranowo Jadi Capres pada Pilpres 2024

Hasil studi terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, dalam Pemilihan Presiden (Pilpres), mayoritas atau 60 persen warga Muslim Jawa yang mengaku santri memilih kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo.

oleh Devira PrastiwiMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 13 Apr 2023, 14:37 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2023, 14:36 WIB
Hasil studi terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, dalam Pemilihan Presiden (Pilpres), mayoritas atau 60 persen warga Muslim Jawa yang mengaku santri memilih kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo.
Hasil studi terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, dalam Pemilihan Presiden (Pilpres), mayoritas atau 60 persen warga Muslim Jawa yang mengaku santri memilih kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Hasil studi terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, dalam Pemilihan Presiden (Pilpres), mayoritas atau 60 persen warga Muslim Jawa yang mengaku santri memilih kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo.

"Dalam tabulasi silang, dari 52,4 persen santri Muslim Jawa, 60 persen memilih Ganjar Pranowo, 20 persen Prabowo Subianto, dan 15 persen Anies Baswedan. Ada 5 persen yang belum menjawab," ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangannya, Kamis (13/4/2023).

Sementara, lanjut dia, pilihan kelompok abangan juga lebih dominan ke Ganjar 58 persen, Prabowo 11 persen, Anies 14 persen, dan tidak jawab 16 persen.

Lalu, terdapat 59 persen kalangan priyayi yang memilih Ganjar, 0 persen memilih Prabowo, 19 persen memilih Anies, dan tidak jawab 22 persen.

"Ganjar didukung oleh mayoritas santri, abangan, dan priyayi," terang Saiful.

Berdasarkan data ini, Saiful menyimpulkan bahwa perbedaan santri, abangan, dan priyayi dalam pemilihan presiden tidak penting. Baik yang santri, abangan, maupun priyayi di kalangan Muslim Jawa sama-sama dominan memilih Ganjar Pranowo.

"Ada memang warga yang menganggap dirinya santri, abangan, dan priyayi. Tapi itu tidak punya efek berarti dalam perilaku memilih di pemilihan presiden," pungkasnya.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil penelitiannya pada 31 Maret-4 April 2023, yang salah satunya memotret tokoh yang digadang-gadang jadi cawapres di Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, mengatakan, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduduki posisi teratas.

"Untuk wakil presiden, nama dua terbesar itu masih Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno," kata dia seperti dikutip, Senin 10 April 2023.

 


Survei LSI, Ridwan Kamil Duduki Posisi Teratas Jadi Cawapres di Pemilu 2024

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Adapun, Ridwan Kamil mendapat dukungan dari 19,6% responden. Sementara Sandiaga Uno 18,9%.

Di bawah mereka ada nama Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, dan Muhaimin Iskandar. Namun tidak ada satupun dari nama-nama tersebut yang mendapat dukungan di atas 15 persen.

Bahkan sebagian besar diantaranya hanya mendapat dukungan di bawah sepuluh persen.

Berikut Data Lengkapnya:

  1. Ridwan Kamil 19,6%
  2. Sandiaga Uno 18,9%
  3. Erick Thohir 13,0%
  4. Agus Harimurti Yudhoyono 9,1%
  5. Khofifah Indar Parawansa 6,2%
  6. Puan Maharani 5,4%
  7. Airlangga Hartarto 2,7%
  8. Muhaimin Iskandar 1,9%
  9. Tidah tahu 23,1%

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa sejauh ini belum ada perubahan dalam hasil survei untuk pengisi posisi cawapres. Ridwan Kamil menjadi nama yang dinilai berpeluang paling kuat menjadi cawapres.

"Ini kalau kita menggunakan simulasi delapan nama. Nama-nama yang sering disebut sebagai bakal calon wakil presiden yang cukup kuat," kata Djayadi.

Survei LSI digelar selama 31 Maret hingga 4 April 2023. Sebanyak 1.299 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing (RDD).

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Margin of error diperkirakan lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 


Survei Lainnya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara Penyerahan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) kepada Panitia Pembangunan Kompleks Gereja Katolik Ibu Teresa di Kabupaten Bekasi, Selasa (11/4/2023). (Foto: Istimewa).

Lembaga penelitian Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei yang dilakukan pada dua periode Februari dan Maret 2023, di mana salah satunya melihat elektabilitas dari sejumlah tokoh yang disebut berpeluang maju sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024.

Adapun nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di posisi teratas dalam simulasi 18 nama semi terbuka. Mantan Wali Kota Bandung itu memperoleh 20,3 persen suara.

Di bawahnya menyusul nama Menteri Pariwisata Sandiaga Uno 14,2 persen, kemudian Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 13,4 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 12,9 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 6,1 persen.

"Ridwan Kamil peringkat pertama. Tapi, selisihnya tidak terlalu jauh dibanding Sandi, AHY, dan Mas Erick," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya, Minggu 26 Maret 2023.

Infografis 4 Suvei Terbaru Elektabilitas Duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Suvei Terbaru Elektabilitas Duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya