Disambut Gembira, Ganjar Fasilitasi Mudik Gratis Korban PHK dari Bandung ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik, tingginya antusiasme peserta mudik gratis dari Bandung ke Jawa Tengah.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 17 Apr 2023, 22:30 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 22:30 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melepas rombongan pemudik di jalan Padjajaran, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melepas rombongan pemudik di jalan Padjajaran, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik, tingginya antusiasme peserta mudik gratis dari Bandung ke Jawa Tengah. Diketahui, para pemudik yang ikut program ini adalah mereka yang sebelumnya menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Kepada para pemudik, Ganjar pun menitipkan salam kepada keluarga mereka di kampung halaman. Dia juga berpesan agar pengemudi tetap mengutamakan keselamatan.

“Saya pesankan agar mereka tidak usah ngebut, kalau supir lelah istirahat, kalau kekencengan dicolek, jangan nyampah, mudah-mudahan semuanya selamat karena wajahnya ceria,” pesan Ganjar di jalan Padjajaran, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) saat melepas rombongan, seperti dikutip Senin (17/4/2023).

Menanggapi program mudik kali ini, Siti Nurhasanah, warga asli Kebumen yang sudah 20 tahun merantau ke Bandung tak kuasa menahan kegembiraannya setelah difasilitasi mudik gratis pakai bus oleh Ganjar Pranowo.

Siti mengatakan, program mudik gratis pakai bus dari Ganjar ini adalah angin segar baginya dan keluarga. Pasalnya, sudah 3 tahun Siti dan anak tidak bisa mudik karena persoalan ekonomi.

“Saya tidak kerja, saya sudah korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Selama tiga tahun ini ngga mudik karena waktu itu corona juga,” kata Siti di lokasi yang sama.

Dia bercerita, jika harus pulang dengan biaya sendiri, Siti yang membawa anaknya harus merogoh kocek Rp 500 ribu sekali jalan dan belum dengan biaya makan. Padahal, kondisinya sebagai korban PHK dan belum bekerja membuatnya dalam kondisi sulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Program Mudik Gratis Digagas Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melepas rombongan pemudik di jalan Padjajaran, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melepas rombongan pemudik di jalan Padjajaran, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). (Dok. Istimewa)

Oleh sebabnya, Siti menyambut meriah ketika Ganjar bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil datang untuk melepas 20 bis yang mengangkut 852 pemudik menuju Jateng. Siti berterima kasih kepada Ganjar atas inisiasi yang telah diberikan untuk rakyatnya di Jabar.

“Bapak Ganjar terima kasih mudah-mudahan setiap tahun ada program seperti ini. Sangat membantu karena dari segi peremonomian (belum mampu). Semoga Pak Ganjar sehat dan panjang umur,” doa dia.

Diketahui, bus mudik gratis yang digagas Ganjar ini akan berkendara rute Bandung-Jateng dengan tujuan Banjarnegara, Cilacap, Demak, Rembang, Purbalingga, Purworejo, Boyolali, Klaten, dan Banyumas.

Kemudian Magelang, Kabupaten Semarang, Pekalongan, Kebumen, Karanganyar, Wonogiri, dan Sukoharjo.

Sebelumnya, Ganjar juga sudah melepas peserta program mudik gratis pakai bus dari Medan, Palembang, Lampung, dan Jakarta. Ganjar juga telah menyambut kedatangan peserta mudik gratis yang naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara ke Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang.

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya