Melihat Manuver dan Pergerakan Prabowo Subianto Usai PDIP Usung Ganjar Jadi Capres 2024, Temui Jokowi hingga Airlangga

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan sejumlah manuver dan pergerakan politik dengan menemui sejumlah tokoh usai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres 2024.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 24 Apr 2023, 11:44 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2023, 11:38 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan sejumlah manuver dan pergerakan politik dengan menemui sejumlah tokoh usai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres 2024.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan sejumlah manuver dan pergerakan politik dengan menemui sejumlah tokoh usai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres 2024. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan sejumlah manuver dan pergerakan politik dengan menemui sejumlah tokoh usai Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres 2024.

Salah satunya, Prabowo Subianto yang juga merupakan Menteri Pertahanan (Menhan) itu menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Sabtu 22 April 2023 di kediamannya di Solo, Jawa Tengah.

Namun meski begitu, Prabowo Subianto mengaku, pertemuan dengan Jokowi itu hanya untuk bersilaturahmi Lebaran Idul Fitri dan tidak ada pembahasan politis.

"Jadi tidak ada pembicaraan yang terlalu politis, karena ini hari Lebaran," tutur Prabowo di Solo, Sabtu 22 April 2023.

Prabowo menyebut, bahwa lebaran adalah tradisi saling silaturahmi. Dalam hal ini, dia sowan kepada pimpinannya yakni Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, Prabowo juga mengunjungi kediaman Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu 22 April 2023. Kunjungan tersebut dilakukan Prabowo sepulang dari silaturahmi dengan Presiden Jokowi di Solo.

Dan pada Minggu 23 April 2023, Prabowo juga menyambut hangat kehadiran Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pertemuan ini berlangsung di kediaman Prabowo di kawasan Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Dua momen pertemuan dengan petinggi Partai Golkar tersebut dibagikan Prabowo melalui unggahan di akun Instagramnya @prabowo.

Berikut melihat sederet manuver dan pergerakan politik Prabowo Subianto usai PDIP mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menemui Presiden Jokowi Silaturahmi di Solo

Prabowo
Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Jokowi di Solo. (Ist)

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di momen hari raya Idul Fitri.

Prabowo Subianto mengaku, pertemuan itu hanya untuk bersilaturahmi dan tidak ada pembahasan politis.

"Jadi tidak ada pembicaraan yang terlalu politis, karena ini hari Lebaran," tutur Prabowo di Solo, Sabtu 22 April 2023.

Prabowo menyebut, bahwa lebaran adalah tradisi saling silaturahmi. Dalam hal ini, dia sowan kepada pimpinannya yakni Presiden Jokowi.

"Sebagaimana biasa tradisi kita, adat kita, kalau Lebaran biasanya anak buah itu sowan atau Lebaran kepada pimpinan. Beliau pimpinan saya, beliau Presiden, panglima tertinggi, saya menteri beliau, jadi sudah saya kira berapa kali juga saya kalau Lebaran ke beliau," tuturnya.

Prabowo melanjutkan, pada momen itu dia diajak Jokowi untuk santap siang hidangan khas Lebaran. Jokowi dan Prabowo juga berbincang-bincang terkait urusan pertahanan.

"Ini Lebaran, tadi kita diajak makan ya kita bicara. Saya juga lapor saya sempat waktu beliau di Eropa saya juga di Eropa. Saya juga bertemu beberapa tokoh di situ, saya lapor perkembangan berurusan dengan pertahanan kita dan sebagainya," kata Prabowo.

Prabowo sebelumnya mendatangi kediaman Presiden Joko Widodo di Solo, Sabtu 22 April 2023 untuk melakukan silahturahmi lebaran.

Prabowo datang bersama putranya, Didit Hediprasetyo dan juga Sekjen Gerindra Muzani. Prabowo disambut pangsung oleh Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep beserta istrinya.

Mereka duduk duduk satu meja berhadap-hadapan. Di mejanya terhidang makanan khas lebaran seperti opor dan ketupat.

 


Sempatkan Mengunjungi Habib Syech di Solo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berama Habib Syech
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersilaturahmi lebaran ke kediaman Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Solo. (Foto: Dokumentasi DPP Gerindra).

Selain menemui Jokowi, Prabowo Subianto juga bersilaturahmi lebaran ke kediaman Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Solo, Sabtu 22 April 2023.

Ia didampingi oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani beserta jajaran seperti Waketum Sugiono, Ketua OKK Prasetyo Hadi, dan Ketua DPD Gerindra Jateng Abdul Wachid.

Prabowo dan Habib Syech kemudian saling bertegur sapa dan menanyakan kabar masing-masing di lebaran Idul Fitri kali ini.

Wajah keduanya penuh dengan canda dan tawa karena pertemuan mereka terakhir terjadi bertahun-tahun lalu.

Pembicaraan dilanjutkan tentang kegiatan dakwah dan solawat Habib Syech bersama jemaahnya di Solo yang saat ini sudah menjadi kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu. Meski begitu, Habib Syech melihat ada hal yang sangat berbeda dari sosok Prabowo saat ini.

Menurutnya, Prabowo sekarang lebih gagah, terlihat lebih muda, serta kesabaran dan kesantunannya lebih menonjol.

Itu terlihat sejak Prabowo menjadi Menteri Pertahanan dalam pemerintahan Presiden Jokowi. Lalu Habib Syech kemudian bertanya kepada Prabowo.

"Apa yang bisa saya bantu untuk pemerintahan saat ini Pak Prabowo?," tanya Habib Syech dalam keterangan yang diterima, Minggu 23 April 2023.

Lalu Prabowo menjawab, "saya kira kita sudah on the right track. Kita harus tetap jaga kerukunan, kebersamaan, dan persatuan kita. Jangan mau menang sendiri," ujar Prabowo.

Kemudian Habib merespons bahwa hal-hal yang disampaikan Prabowo adalah kunci untuk bisa membangun Indonesia untuk lebih baik ke depannya.

Habib juga berpesan kepada seluruh pelaku politik praktis untuk berpolitik dengan cara-cara yang santun. Tidak melakukan politik pecah belah.

"Saya titip pada panjenengan, Pak Prabowo bagaimana caranya supaya seperti itu (jaga persatuan bangsa). Karena perbedaan pendapat, perbedaan pilihan politik itu hal biasa," ujar Habib Syech.

Prabowo pun setuju dengan pendapat Habib Syech. Dia mengatakan, rival dalam politik bukanlah musuh bebuyutan.

"Jangan jadikan rival dalam politik kita seperti musuh bebuyutan. Kalau silaturahmi kita diputus, maka kita yang menyambung. Itu khotbah tadi pagi," guyon Prabowo disambut tawa Habib Syech.

 


Temui Aburizal Bakrie dan Terima Kunjungan Airlangga

Prabowo Bertemu Aburizal Bakrie alias Ical
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu politikus senior Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical di Menteng, Jakarta Pusat. Pertemuan di rumah Ical tersebut dilakukan usai Prabowo pulang dari kediaman Presiden Jokowi di Solo. (Foto: Istimewa)

Tak hanya menemui Presiden Jokowi, Prabowo Subianto juga mengunjungi kediaman Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 22 April 2023.

Kunjungan tersebut dilakukan Prabowo sepulang dari silaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo, Jawa Tengah.

Sementara pada Minggu 23 April 2023, Prabowo juga menyambut hangat kehadiran Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pertemuan ini berlangsung di kediaman Prabowo di kawasan Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Dua momen pertemuan dengan petinggi Partai Golkar tersebut dibagikan Prabowo lewat postingan di akun Instagramnya @prabowo.

"Masih di suasana Lebaran ini, saya juga bersilaturahmi ke Abang sekaligus sahabat saya, Bang Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar," tulis Prabowo di akun Instagramnya.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI ini juga memposting foto momen saat ia menerima kunjungan silaturahmi Idul Fitri dari Airlangga.

"Dan terima kasih kepada sahabat saya Bapak Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar atas kedatangannya," lanjut tulisan caption Instagram Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo beserta putranya Didit Hediprasetyo bersilaturahmi ke kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu siang 22 April 2023.

Dalam pertemuan itu, Prabowo disuguhkan beberapa menu makanan khas lebaran oleh keluarga Jokowi, termasuk opor ayam.

Infografis 4 Suvei Terbaru Elektabilitas Duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Suvei Terbaru Elektabilitas Duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya