Jokowi Ajak Menteri Makan Durian di Medan, Rayakan Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games 2023

Presiden Jokowi menonton laga final sepak bola SEA Games 2023 antara timnas Indonesia U-22 melawan timnas Thailand di Rumah Dinas Walikota Medan, Selasa 16 Mei 2023.

oleh Jonathan Pandapotan PurbaLizsa Egeham diperbarui 17 Mei 2023, 06:12 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 06:10 WIB
Presiden Jokowi mengajak seluruh menteri yang ikut serta dalam kunjungan kerjanya ke Medan, Sumatera Utara, untuk makan durian bersama (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi mengajak seluruh menteri yang ikut serta dalam kunjungan kerjanya ke Medan, Sumatera Utara, untuk makan durian bersama rayakan Timnas Indonesia raih emas SEA Games 2023 (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menonton laga final sepak bola SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 melawan timnas Thailand di Rumah Dinas Walikota Medan, Selasa 16 Mei 2023. Jokowi pun terlihat sangat senang melihat kemenangan Indonesia atas Thailand di SEA Games 2023.

Di depan layar besar, Jokowi yang mengenakan kaus berwarna hijau terlihat beberapa kali mengangkat tangan sebagai bentuk selebrasi setiap kali timnas Indonesia berhasil mencetak gol ke gawang lawan.

Suasana saat itu sangat hangat dan bersemangat. Jokowi tampak didampingi oleh Walikota Medan Bobby Nasution bersama istri Kahiyang Ayu, dan putra sulung Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) yang juga ikut menonton.

Mereka terlihat beberapa kali bersorak antusias menyaksikan laga antara Indonesia dan Thailand tersebut yang berlangsung cukup alot pada awalnya.

Puncak antusiasme bahagia saat itu terlihat ketika timnas Indonesia kembali bangkit pada masa extra time yang berhasil mencetak tiga gol sekaligus, yang akhirnya membawa Indonesia menang dengan skor akhir 5-2 melawan Thailand.

Sebagai bentuk perayaan kemenangan timnas Indonesia dalam laga tersebut, Jokowi pun kemudian mengajak seluruh rombongan yang ikut serta dalam kunjungan kerjanya untuk makan durian bersama.

"Tadi sore memang saya janjian, kalau menang, para menteri, Pak Gub, dan lain-lain, kalau menang mau saya traktir di Si Bolang untuk makan durian bareng-bareng, jadi karena menang ya harus traktir, janjiannya seperti itu," jelas Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (17/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dihadiri Sejumlah Menteri

Dalam kesempatan ini, hadir pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, dan Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah.

Jokowi pun mengapresiasi para pemain tim nasional (timnas) Indonesia U-22 yang berhasil mendapatkan medali emas dalam laga sepakbola SEA Games 2023. Dia menilai hal tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat.

"Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya, ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, kemudian masuk ke training camp saya kira ini sangat bagus sekali," kata dia.

Melihat kemenangan timnas Indonesia setelah menunggu selama 32 tahun untuk menjadi juara SEA Games, Jokowi merasa sangat bahagia. Menurut dia, para pemain dalam laga tersebut bermain dengan mental juara.

"Sangat happy banget karena Indonesia-Thailand, 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara kelihatan sekali ada. Main tanpa beban mental, tapi ini kan sudah kita tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara. 32 tahun kita nunggu," tuturnya.

Jokowi juga bercerita mengenai jalannya pertandingan sepakbola antara Indonesia dan Thailand. Dia sempat kaget saat pertandingan yang dikira sudah selesai tapi masih berlanjut.

"Pertama, gol pertama tadi Ramadhan Sananta itu golnya satu, yang kedua, kemudian yang ketiga Irfan Jauhari, itu yang ketiga juga menimbulkan semangat lagi, untuk keempat tadi Fajar Fathur Rahman golnya juga, yang terakhir ditutup Beckham Putra ya udah lima rampung," ujar Jokowi.

"Karena memang sebelumnya juga saya keliru juga, sudah diselametin ternyata masih main dan (kemasukan) gol kaget juga gitu," sambungnya.


Indonesia Menang 5-2

Seperti diketahui, Timnas Indonesia menang 5-2 atas Thailand di final yang berlangsung sampai perpanjangan waktu dan terjadi hujan kartu merah. Indonesia unggul dua gol lebih dulu atas Thailand di babak pertama melalui striker andalan Muhammad Ramadhan Sananta.

Gol pertama dicetak lewat sundulan yang kemudian dibelokkan pemain Thailand. Kemudian Sananta mencetak gol indah lewat tendangan lambung dari jarak jauh di akhir babak pertama.

Di babak kedua Thailand bangkit. Dua pemain pengganti membuat Thailand menyamakan skor menjadi 2-2 lewat Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha. Gol Yotsakon bahkan terjadi di detik akhir dimana tim Indonesia sudah sempat merayakan kemenangan karena mengira wasit sudah meniup peluit panjang.

Beruntung di perpanjangan waktu, Thailand melakukan blunder fatal di menit pertama sehingga Irfan Jauhari mampu mengembalikan keunggulan Indonesia. Setelah itu terjadi keributan yang membuat satu pemain Indonesia dan satu pemain Thailand diusir wasit.

Dua pemain Thailand lain kemudian menyusul menerima kartu merah. Indonesia mampu memanfaatkannya untuk mencetak dua gol lagi lewat Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra.

Medali emas SEA Games 2023 ini sangat spesial karena sudah 32 tahun Indonesia tak mendapatkannya. Terakhir kali Indonesia menjadi yang terbaik di sepak bola putra SEA Games di tahun 1991.

Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019
Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya