4 Hal yang Disampaikan Gibran Rakabuming Raka Usai Dipanggil DPP PDIP Diduga Usai Temani Prabowo Subianto di Solo

DPP PDIP memanggil putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada Senin 22 Mei 2023.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 23 Mei 2023, 10:40 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 10:40 WIB
Gibran Rakabuming
Kedatangan gibran ke DPP PDIP terkait buntut pertemuannya dengan Ketua Umuk Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Solo pada Jumat (19/5) lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - DPP PDIP memanggil putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang juga merupakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada Senin 22 Mei 2023.

Pemanggilan tersebut diduga terkait dengan deklarasi yang dilakukan relawan Jokowi-Gibran yang mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Angkringan Omah Semar pada Jumat 19 Mei 2023.

Gibran pun mendatangi kantor DPP PDIP di Jakarta Pusat, dan bertemu dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, Senin 22 Mei 2023.

Dalam pertemuan tersebut, hadir pula relawan Jokowi yang juga mendeklarasikan dukungan mereka untuk Prabowo pada Pilpres 2024. Gibran tiba di Kantor DPP PDIP di Jakarta Pusat, pukul 10.28 WIB, dengan didampingi seorang ajudan bernama Yusuf.

"Iya, benar (Gibran datang) sendiri dengan satu orang ajudan," kata Yusuf dikutip dari Antara, Senin 22 Mei 2023.

Usai pertemuan sekitar satu jam itu, Gibran menegaskan bahwa ia adalah kader PDIP dan akan tegak lurus pada keputusan partai untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden atau capres 2024.

"Sekali lagi saya sebagai kader partai, kader muda saya akan tetap tegak lurus sesuai arahan Ibu Ketua Umum," ujar Gibran di Kantor DPP PDIP, Senin 22 Mei 2023.

Kemudian, Gibran mengaku telah menjelaskan kronologi acara dukungan relawan dan mendapatkan banyak nasihat dari DPP PDIP.

"Hari ini saya sudah mendapat banyak sekali masukan nasihat, saya juga sudah menjelaskan kronologi A-z terkait pertemuan kemarin. Alhamdulillah beliau dapat memahami itu. Sekali lahiterimakasih masukan dan masihatnya," jelas Gibran.

Berikut sederet hal yang disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai dipanggil DPP PDIP diduga terkait dengan deklarasi yang dilakukan relawan Jokowi-Gibran yang mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres di Angkringan Omah Semar pada Jumat 19 Mei 2023 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Tegaskan Tegak Lurus Arahan Ibu Ketua Umum PDIP

Gibran Rakabuming
Dia mengaku senang karena Hasto dan Kamarudin bisa menerima dan memahami penjelasannya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah memenuhi panggilan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun di Kantor DPP PDIP, Senin 22 Mei 2023.

Usai pertemuan sekitar satu jam itu, Gibran menegaskan bahwa ia adalah kader PDIP dan akan tegak lurus pada keputusan partai untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres.

Diketahui, pemanggilan tersebut terkait dengan deklarasi yang dilakukan relawan Jokowi-Gibran yang mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Jumat (19/5/2023) malam.

"Sekali lagi saya sebagai kader partai, kader muda saya akan tetap tegak lurus sesuai arahan Ibu Ketua Umum," kata Gibran di Kantor DPP PDIP, Senin 22 Mei 2023.

 


2. Akui Sudah Menjelaskan Kronologi Pertemuan dengan Prabowo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah tiba di kantor DPP PDIP, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah tiba di kantor DPP PDIP, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

Gibran mengakui menerima banyak nasihat dari para politikus senior PDIP saat ia memenuhi panggilan di kantor DPP PDI Perjuangan tersebut.

Gibran pun mengaku telah menjelaskan semua kronologi terkait pertemuannya dengan Ketua Umum Gerindra sekaligus Bacapres 2024 Prabowo Subianto.

"Hari ini saya sudah mendapat banyak sekali masukan nasihat, saya juga sudah menjelaskan kronologi A-z terkait pertemuan kemarin. Alhamdulillah beliau dapat memahami itu," kata Gibran.

 


3. Sampaikan Terima Kasih

Gibran Rakabuming Raka Bakal Calon Wali Kota Solo
Gibran Rakabuming Raka usai menghadiri pertemuan dengan para PKL Sunday Morning Stadion Manahan Solo, Rabu (5/2).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Gibran juga mengucapkan terima kasih terhadap semua nasihat dari elite PDIP. Dia menekankan akan tetap tegak lurus dengan kebijakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berkaitan Pilpres 2024.

"Sekali lagi terima kasih untuk masukan dan nasihatnya dan sekali lagi, saya sebagai kader PDIP, sebagai kader muda, saya akan tetap tegak lurus sesuai arahan Ibu Ketua Umum. Terima kasih. Matur nuwun," ujar Gibran.

 


4. Sebut Tak Lakukan Manuver Politik

Gibran Rakabuming
Putra sulung Presiden Joko Widodo itu tiba di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.30 WIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, setelah pertemuan serta panggilan tersebut dilaksanakan, Gibran Rakabuming Raka tampak kembali aktif di media sosialnya. Sejumlah isu serius maupun absurd ditanggapinya.

Salah satu isu serius adalah terkait pertemuannya dengan Prabowo Subianto yang diduga oleh warganet sebagai cikal bakal aksi manuver politiknya dengan cara berpindah partai.

Tampak seorang warganet menyenggol akun Twitter @gibran_tweet milik Gibran Rakabuming Raka pada Senin sore 22 Mei 2023.

Netizen tersebut seolah mendukung Gibran seandainya ayah dua anak itu benar-benar melakukan manuver politik.

"Tp sbgai anak muda gw suka manuver lu broow 🙌Harusnya banteng udh ngasi Peringatan Keras tp ini hny di panggil sekadar hanya berikan klarifikasi aja. Apakah moncong putih tkut ya seorang anak muda lepas dr partainya hahaa," cuit seorang netizen dengan berani.

Cuitan tersebut dibalas oleh Gibran dengan gaya dramatis nan santai. Namun dalam tanggapannya, Gibran tetap menyangkal perihal dugaan dirinya berpindah dukungan ke capres luar partai politiknya saat ini.

"Gw gak manuver apa2 bang 😭 cuma makan bakmi sama nasi goreng aja sama pak menteri 😭 bocil kayak gw emangnya bisa bikin manuver apa?" jawab Gibran berseloroh disusul beragam tanggapan dari netizen lain termasuk yang bernuansa canda.

Infografis Prabowo Subianto Dukung Gibran Rakabuming Maju dalam Pilgub 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prabowo Subianto Dukung Gibran Rakabuming Maju dalam Pilgub 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya