Korban Penipuan Kembar Rihana-Rihani Datangi Polda Metro Jaya, Harap Uang Bisa Kembali

Sejumlah korban kasus penipuan reseller ponsel oleh si kembar Rihana dan Rihani mendatangi Polda Metro Jaya. Salah satu korban merugi Rp2,5 miliar.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Jul 2023, 18:05 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2023, 18:05 WIB
Si Kembar Rihana Rihani
Sebelum ditangkap, Rihana-Rihani kerap berpindah-pindah tempat tinggal untuk menghindari kejaran polisi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah korban kasus penipuan reseller ponsel (pengadaan ponsel untuk dijual kembali) oleh si kembar Rihana dan Rihani mendatangi Polda Metro Jaya. Para korban ingin memastikan penangkapan si kembar Rihana-Rihani.

Junita Wedaring Tyas, salah satu korban mengaku tak memiliki kecurigaan apapun kepada keduanya hingga akhirnya terjadi penipuan. Sebab, mereka berteman.

"Kalau dari sisi saya sendiri sih karena memang dia teman dekat ya. Jadi saya merhatiin Instagramnya dia. Itu jualan produk Apple dari 2021. Terus saya tanya, karena waktu itu yang dijual itu berupa produk, jadi saya lebih nanya ke barangnya sih, benar apa enggak. Karena saya takutnya ini barang black market, jadi saya hanya memastikan barangnya ini dari mana," kata Junita kepada wartawan, Selasa (4/7/2023).

"Saya waktu itu masih percaya saja. Saya enggak mikir dia bakal nipu saya atau gimana sih," sambung Tyas.

Dia menerangkan, si kembar menjual Iphone 12 Pro dengan harga Rp15 juta kepadanya. Padahal, harga di pasaran saat itu Rp17 juta hingga Rp18 juta.

Sehingga, dari nominal yang berbeda cukup jauh itu lah yang mulai membuatnya tergiur menjadi reseller.

"Sebenarnya karena dia teman ya, pertama. Saya enggak, pikiran bodoh saya ya. Saya pikir mana ada sih teman mau nipu gitu. Apalagi ini teman dekat dan saya kenal sama keluarganya juga. Jadi saya enggak mikir jauh waktu itu, benar-benar tanya barangnya benar atau enggak," sebutnya.

Sementara itu, korban lainnya yakni Masayu Nurul Hidayati yang merugi Rp2,5 miliar dengan total 299 unit mengaku, tak hanya kenal dengan Rihana-Rihani. Melainkan juga kenal dengan keluarga tersangka.

"Pada bulan April ya 2022. Dia menyatakan gagal mengeluarkan barang dengan berbagai alasan. Dia menjanjikan bulan Mei tanggal 30 itu untuk refund kita semua. Tapi ternyata tidak. Dia kabur dari rumahnya saat itu. Orangtuanya ikut kabur juga," ujar Nurul.


Korban si Kembar Rihana-Rihani Berharap Uang Dikembalikan

Si Kembar Rihana Rihani
Si kembar Rihana dan Rihani merugikan pelanggannya hingga Rp 35 miliar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nurul mengaku sempat mencari si kembar ke rumah hingga apartemen. Namun keberadaan Rihana-Rihani hingga orangtuanya tidak diketahui.

"(Tahu keluarganya ikut kabur) Saya samperin ke rumahnya, saya sama keluarga saya saat itu nyamperin ke rumahnya. Karena dia kan punya janji ke saya, tanggal 31 Juli. Dia enggak ada, saya telusuri rumah dia yang di Tanah Arak enggak ada juga," ungkap dia.

"Saya pernah samperin ke apartemennya yang di Pondok Indah juga enggak ada-ada dan dia bales 'saya sudah enggak tinggal di situ bang' dia bilang seperti itu. Akhirnya besoknya saya bikin laporan di Polda 2022," sambung Nurul.

Atas penangkapan ini, Nurul berharap agar uang mereka dapat dikembalikan. Karena, uang itu nantinya untuk dikembalikan kepada orang-orang yang pernah membeli produk tersebut.

"Harapan kami uang kami bisa dikembalikan, karena sejujurnya di bawah kami banyak yang menantikan kembali," pungkas Nurul.

Tim Subdit Reserse Mobile (Resmob) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap tersangka penipuan reseller ponsel (pengadaan ponsel untuk dijual kembali), si kembar Rihana dan Rihani di Serpong, Kabupaten Tangerang.

"Rihana dan Rihani baru saja di tangkap di M Town Residence Gading Serpong oleh tim Resmob Polda Metro Jaya," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi, dilansir dari Antara, Selasa (4/7/2023).

 

 

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

 

INFOGRAFIS JOURNAL_Fakta Soal Kejahatan Sosial Enginering yang Bobol Rekening Korban
INFOGRAFIS JOURNAL_Fakta Soal Kejahatan Sosial Enginering yang Bobol Rekening Korban (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya