Dilantik Jadi Wamenlu, Pahala Mansury Diminta Jokowi Kembangkan Investasi Internasional

Pahala Mansury sendiri sebelumnya merupakan Wakil Menteri BUMN. Dia menuturkan pengalamannya akan menjadi modal untuk melaksanakan tugas baru sebagai Wamenlu.

oleh Muhammad AliLizsa Egeham diperbarui 17 Jul 2023, 14:20 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2023, 14:20 WIB
Presiden Jokowi Lantik Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo
Selain itu, Jokowi juga melantik Nezar Patria sebagai Wakil Menkominfo untuk membantu Budi Arie di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga melantik sejumlah pejabat yaitu Pahala Nugraha Mansury sebagai Wamen Luar Negeri, Paiman Raharjo sebagai Wamen Desa PDTT, Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wamen BUMN, serta Saiful Rahmat sebagai Wamen Agama. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Agus suparto)

Liputan6.com, Jakarta - Pahala Mansury mengatakan dirinya mendapat arahan khusus dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Pahala Mansury diminta untuk mengembangkan perdagangan hingga investasi internasional.

"Ya tadi sudah saya sampaikan, mengenai bagaimana pengembangan untuk perdagangan, investasi internasional karena memang kan tantangan ke depannya bagaimana meningkatkan hubungan perekonomian antara negara kita dengan negara-negara lainnya," jelas Pahala usai dilantik menjadi Wamenlu di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (17/7/2023).

Namun, dia mengatakan akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terkait tugas utama sebagai Wamenlu. Pasalnya, Pahala menyebut dirinya lebih berpengalaman di bidang korporasi dan ekonomi sehingfa

"Ya karena pengalaman saya mungkin lebih banyak di bidang korporasi dan ekonomi, mungkin itu yang menjadi salah satu yang berpotensi menjadi pengembangan ke depannya," katanya.

Pahala sendiri sebelumnya merupakan Wakil Menteri BUMN. Dia menuturkan pengalamannya akan menjadi modal untuk melaksanakan tugas baru sebagai Wamenlu.

"Ya pasti banyak hal yg mesti kita pelajari ya karena kan bidang yang lama itu mungkin, tapi bagaimana dari pengalaman kita yang sebelumnya ini bisa kita jadikan modal untuk di penugasan yang baru," tutur Pahala.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet, Senin (17/7/2023). Jokowi melantik Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan sejumlah wakil menteri (wamen) di Istana Negara Jakarta.

Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 62/P tahun 2023 tentang pengangkatan Menkominfo Kabinet Indonesia Maju. Sedangkan pelantikan wakil menteri berdasarkan Keppres Nomor 32 M tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju.

 


Jokowi Lantik Ketum Projo Budi Arie Setiadi

Jokowi melantik Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) sekaligus Wakil Menteri Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi menjadi Menkominfo. Dia menggantikan posisi Johnny G.Plate yang menjadi tersangka kasus korupsi Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Selain Menkominfo, Jokowi juga merombak beberapa jabatan wakil menteri. Posisi Budi Arie sebagai Wamendes diisi oleh Rektor Universitas Moestopo, Paiman Raharjo.

Kemudian, mantan wartawan Nezar Patria dilantik sebagai Wamenkominfo. Dia saat ini menjabat sebagai Staf Khusus V Menteri BUMN.

Selanjutnya, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury ditunjuk menjadi Wakil Menteri Luar Negeri. Posisi Pahala digantikan oleh pengusaha sekaligus Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Roeslani.

Lalu, Jokowi melantik Ketua DPW PPP DKI Jakarta Syaiful Rahmat Dasuki menjadi Wakil Menteri Agama (Wamenag).

Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya