Heru Budi Janji Kaji Usulan Pulau Reklamasi PIK 2 Jadi Wilayah Kepulauan Seribu

Heru menilai kajian lebih lanjut perlu dilakukan untuk dapat menentukan pembagian wilayah Pulau Reklamasi PIK 2 layak atau tidak masuk ke teritori Kepulauan Seribu atau tidak.

oleh Muhammad AliWinda Nelfira diperbarui 25 Jul 2023, 21:09 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2023, 21:09 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kabupaten  Kepulauan Seribu memantau giat Pasar Murah dan Pembagian Sembako. (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu memantau giat Pasar Murah dan Pembagian Sembako. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanggapi usulan Bupati Kepulauan Seribu Junaedi yang sejak lama ingin kawasan Pulau Reklamasi Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 masuk wilayah Kepulauan Seribu. Heru menyebut akan mengkaji usulan tersebut.

"Boleh-boleh saja," kata Heru Budi ditemui dalam kunjungannya di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (25/7/2023).

Heru menilai kajian lebih lanjut perlu dilakukan untuk dapat menentukan pembagian wilayah Pulau Reklamasi PIK 2 layak atau tidak masuk ke teritori Kepulauan Seribu atau tidak.

"Usulan Pak Bupati nanti dikaji bagian darat atau bagian Kepulauan Seribu," ungkap dia.

Diketahui, usulan kawasan Pulau Reklamasi Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 masuk wilayah Kepulauan Seribu telah disampaikan Junaedi sejak lama, tepatnya pada November 2022.

Namum, tidak ada perkembangan yang signifikan. Bahkan, setelah dia bersurat ke Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Junaedi usulan itu sebagai upaya penguatan kawasan pariwisata strategi nasional (KPSN), sekaligus mewujudkan konsep negeri 1.000 pulau di Kepulauan Seribu. Mengingat, Kepulauan Seribu telah berpisah dari Jakarta Utara selama 21 tahun.

Pulau Seribu merupakan salah satu pilihan pengunjung yang sedang ada di Jakarta. Terletak di Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu berada di sebelah utara Pantau Utara Jawa.

Pulau Seribu terdiri dari sekitar 110 pulau kecil, dengan empat pulau utama yang paling terkenal, yakni Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Harapan, dan Pulau Macan.

Enam+04:12VIDEO: Viral! Bule Dijambret, Puluhan Juta HilangPulau Seribu merupakan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia, terutama bagi wisatawan yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kota Jakarta.  

Pulau Seribu menawarkan keindahan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Aktivitas yang populer di Pulau Seribu antara lain snorkeling, menyelam, berenang, memancing, dan berlayar.

Beberapa pulau di Kepulauan Seribu juga memiliki fasilitas penginapan, mulai dari penginapan mewah hingga homestay yang lebih sederhana. Beberapa pulau memiliki cottage, vila, atau resort yang dapat disewa oleh para wisatawan.

Pengunjung juga dapat mencicipi hidangan laut segar yang lezat di restoran-restoran di pulau-pulau tersebut. Pulau Seribu memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keindahan Kepulauan Seribu

Berikut adalah beberapa hal menarik tentang keindahan pulau-pulau di Kepulauan Seribu:

Pantai yang Indah

Pulau Seribu menawarkan pantai-pantai dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Beberapa pantai populer di pulau-pulau ini antara lain Pantai Tidung, Pantai Pramuka, dan Pantai Macan.

Pantai-pantai ini sangat indah dan menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai, berjemur, atau bermain di air.

Kehidupan Bawah Laut

Pulau Seribu terkenal dengan kehidupan bawah laut yang memukau. Terumbu karang yang berwarna-warni dan ikan-ikan yang beraneka ragam menjadi daya tarik utama bagi para penyelam dan snorkeler. Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang dan berinteraksi dengan berbagai spesies ikan di sekitar pulau-pulau ini.

Keindahan Pulau SeribuHijau dan Tropis

Selain keindahan pantainya, Pulau Seribu juga dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat. Pulau-pulau ini ditutupi oleh vegetasi hijau yang indah, termasuk pohon kelapa, pohon bakau, dan tanaman lainnya.

Jalan-jalan kecil yang berliku melalui hutan memberikan pengalaman yang menenangkan dan menyegarkan.

Tenang dan Damai

Pulau Seribu menawarkan suasana yang tenang dan damai jauh dari kebisingan kota. Ketika Anda berada di pulau-pulau ini, Anda dapat menikmati ketenangan alam, mendengarkan suara deburan ombak, dan menikmati udara segar yang dihembuskan oleh angin laut.

Wisata Menarik

Pulau Seribu menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menyenangkan. Anda dapat berlayar di sekitar pulau-pulau, menyelam atau snorkeling untuk menjelajahi kehidupan bawah laut, memancing, bersepeda, atau hanya menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Untuk mencapai Pulau Seribu, wisatawan biasanya dapat menggunakan perahu atau kapal feri dari pelabuhan di Jakarta Utara, seperti Muara Angke atau Marina Ancol. Perjalanan ke Pulau Seribu membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam tergantung pada lokasi tujuan di pulau tersebut.

Keindahan Pulau Seribu membuatnya menjadi destinasi populer untuk liburan dan akhir pekan bagi penduduk Jakarta dan wisatawan domestik maupun internasional.

 

Infografis Perluasan Ganjil Genap Jakarta di 26 Ruas Jalan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Perluasan Ganjil Genap Jakarta di 26 Ruas Jalan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya