Budiman Sudjatmiko Singgung Kriteria Pemimpin Ala Megawati: Ada di Sosok Prabowo

Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko siap menjelaskan kepada DPP PDI Perjuangan alasannya mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Agu 2023, 16:38 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2023, 16:38 WIB
Prabowo Subianto dan Budiman Sudjatmiko
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan politisi PDIP Budiman Sudjatmiko (kanan) saat berkunjung ke Kediaman Prabowo di Rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko siap menjelaskan kepada DPP PDI Perjuangan alasannya mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres).

Mantan aktivis 1998 itu menyinggung kriteria kepemimpinan ala Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kata Budiman, dari ceramah dan pendapat Megawati dalam setiap kesempatan, menjadi pemimpin butuh memiliki pandangan strategis.

"Ibu Mega kan selalu berkata bahwa Indonesia itu butuh pemimpin yang memiliki pandangan-pandangan strategis," ujar Budiman Sudjatmiko kepada wartawan, Senin (21/8/2023).

Budiman melihat calon presiden yang memenuhi kriteria itu adalah Prabowo Subianto, bukan Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan.

"Nah, saya melihat bahwa kualifikasi-kualifikasi itu, setelah saya cermati dengan nalar saya, saya ingin mengatakan bahwa kualifikasi itu dari 3 tokoh yang selama ini ada, memang banyak ada di sosoknya Pak Prabowo," ujar Budiman.

Budiman menilai Ganjar tidak buruk. Punya gaya kepemimpinan sendiri. Tetapi, tokoh yang menurutnya sesuai kriteria Megawati adalah Prabowo Subianto. Bukan Ganjar Pranowo.

"Tapi tampaknya dalam penalaran saya, itu tidak dipenuhi dalam kualifikasi dan kriteria yang dimiliki oleh calon dari PDI Perjuangan," jelas Budiman.

"Karena itu, saya sih sebenarnya mencoba apa yang menjadi harapan dan cita-cita dari Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri) untuk pilpres, kepemimpinan Indonesia ke depan," tegas Budiman.

Budiman siap menanggung konsekuensi apabila dianggap salah oleh DPP PDIP. Tetapi, ia menegaskan secara ideologis apa yang dilakukannya tidak melenceng.

"Jadi saya pikir, ya itu langkah saya mungkin dianggap salah secara administratif, secara organisasional. Dan karena itu saya siap mempertanggungjawabkannya," ujar Budiman.

"Tetapi, saya meyakini bahwa secara ideologis dan secara strategis, saya sedang menerjemahkan posisi Ibu (Mega) yang selama ini disampaikan," jelas Budiman.

Maka itu, ia merasa tidak layak untuk mundur karena tidak melakukan pelanggaran secara ideologis dan strategis.

"Sehingga menurut saya, tidak layak saya kemudian mundur. Walaupun bisa saja organisasional," kata Budiman.


Hari Ini PDIP Batal Kasih Budiman Sudjatmiko Sanksi gegara Dukung Prabowo

LSI Rilis Hasil Survei Kinerja Pemerintahan Jokowi-JK
Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sedianya, hari ini, Senin (21/8/2023), DPP PDIP akan mengumumkan sanksi terhadap kadernya, Budiman Sudjatmiko, yang telah mendukung bakal calon presiden Prabowo Subianto di pemilu 2024.

Namun, Kepala Sekretariat DPP PDI Perjuangan, Adi Dharmo, menyatakan partainya batal mengumumkan nasib keanggotaan Budiman Sudjatmiko pada hari ini lantaran fokus pada hasil survei Indikator Politik dan Litbang Kompas terhadap bakal capres Ganjar Pranowo.

"Hari ini PDI Perjuangan sedang fokus membahas hasil survei Indikator dan Kompas yang menunjukkan kenaikan elektoral Ganjar Pranowo dan terjadi rebound. Berbeda dengan tren elektoral Prabowo yang sudah mentok dan menunjukkan tren penurunan," kata Adi Dharmo dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

Menurut Adi, pembahasan hasil survei lebih penting daripada hal lain, termasuk soal Budiman Sudjatmiko.

"Ini penting sebagai momentum politik bagi pergerakan yang semakin masif untuk Ganjar Pranowo bersama parpol pengusung dan relawan," kata dia.

Sebelumnya, DPP PDIP akan mengumumkan nasib Budiman Sudjatmiko di PDIP pada hari ini, Senin, (21/8/2023) siang.

"Sekira jam 11," kata Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun pada wartawan, Senin (21/8/2023).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memastikan pihaknya akan memberikan sanksi disiplin tegas.

"Nanti, Pak Komarudin akan mengumumkan. Yang jelas partai tidak mentolerir terhadap tindakan indisipliner setiap kader partai. Partai akan mengambil suatu tindakan yang tegas. Opsinya mengundurkan diri atau menerima sanksi pemecatan," kata Hasto dalam keterangannya, Minggu (20/8/223).

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

Infografis Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya