Dipecat PDIP Akibat Dukung Prabowo Subianto, Budiman Sudjatmiko: Saya Cuma Bilang Menerima

Budiman Sudjatmiko resmi dipecat dari PDI Perjuangan (PDIP). Pemecatan dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu buntut dari dukungan Budiman kepada Bakal Capres Prabowo Subianto.

oleh Putu Merta Surya PutraDelvira HutabaratMuhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 25 Agu 2023, 07:21 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2023, 07:21 WIB
Prabowo Subianto dan Budiman Sudjatmiko
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan politisi PDIP Budiman Sudjatmiko (kanan) saat berkunjung ke Kediaman Prabowo di Rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Budiman Sudjatmiko resmi dipecat dari PDI Perjuangan (PDIP). Pemecatan dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu buntut dari dukungan Budiman kepada Bakal Capres Prabowo Subianto.

Menanggapi pemecatan dirinya, Budiman enggan berkomentar banyak. Ia hanya menyatakan menerima keputusan tersebut.

"Saya cuma bilang menerima," kata Budiman kepada wartawan, dikutip Jumat (25/8/2023).

Dia mengungkapkan menerima surat dari DPP PDIP soal pemecatan pada jam 20.00 WIB pada Kamis 24 Agustus 2023.

"Sudah terima tadi jam 8 malam. Ya itu tidak masalah, saya terima aja," ungkap Budiman.

Dia pun berharap dengan berakhir masa bakti dirinya dengan PDIP, akan menjadi lembaran baru bagi dirinya.

"Jadi ini akhir dari sebuah periode. Tapi mudah-mudahan bisa menjadi periode berikutnya, hidup saya,” kata Budiman.

Dia menyadari, pemecatan dari PDIP adalah buah dari perbuatan yang dinilai menjadi pelanggaran bagi seorang petugas partai. Karena itu, dirinya sudah siap terhadap hal tersebut.

"Ya tentu sudah siap dan saya mengalir saja bersama sejarah lah yah, pungkas Budiman Sudjatmiko.

Sebelumnya, PDIP memanggil Budiman pada 21 Agustus 2023 ke kantor DPP PDIP di Jakarta. Namun Budiman berhalangan hadir sebab mengaku sedang di luar kota.

Berselang tiga hari setelahnya, tepatnya pada 24 Agustus 2023 beredar surat yang menyatakan pemecatan Budiman sebagai kader PDIP dan ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Memutuskan, memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. Budiman Sudjatmiko, M.A. M.Phil dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," bunyi surat keputusan DPP PDIP tersebut seperti dilihat Jumat, (25/8/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PDIP Resmi Pecat Budiman Sudjatmiko

PDI Perjuangan (PDIP) resmi melakukan pemecatan terhadap Budiman Sudjatmiko buntut pernyataan dukungan terhadap Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres).

Dalam surat keputusan tertulis bahwa DPP PDIP memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan terhadap Budiman Sudjatmiko dari keanggotaan PDI Perjuangan. Surat pemecatan telah ditandatangani Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Ketua DPP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun membenarkan telah memecat Budiman Sudjatmiko. Keputusan telah diambil melalui sidang komite disiplin kepada DPP PDIP pada Senin 21 Agustus 2023.

"Sidang Komite Disiplin sudah mengeluarkan rekomendasi kepada DPP sejak Hari Senin," ujar Komarudin ketika dikonfirmasi, Kamis (24/8/2023).

"Jadi tentang sanksi yang dijatuhkan bisa dicek saja di sekretariat DPP," sambungnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya