Usai Dipecat PDIP Akibat Dukung Prabowo, Budiman Sudjatmiko: Terima Kasih Untuk Semuanya

Budiman Sudjatmiko resmi dipecat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pemecatan itu buntut dari dukungan Budiman kepada Bakal Capres Prabowo Subianto.

oleh Putu Merta Surya PutraDelvira Hutabarat diperbarui 25 Agu 2023, 08:10 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2023, 08:10 WIB
Prabowo Subianto dan Budiman Sudjatmiko
Pertemuan itu dalam rangka silaturahmi dan juga diskusi kebangsaan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Budiman Sudjatmiko resmi dipecat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pemecatan itu buntut dari dukungan Budiman kepada Bakal Capres Prabowo Subianto.

Menanggapi pemecatan dirinya, Budiman menyatakan enggan berkomentar banyak, ia juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran PDIP.

"Tak ada komentar. Saya cuma mau bilang bahwa saya sudah menerima suratnya dan terimakasih untuk semuanya," kata Budiman saat dikonfirmasi, Jumat (25/8/2023).

Budiman menyebut pemecatan itu adalah akhir dan juga awal baru bagi karier politik dirinya. Ia siap menghadapi tantantangan baru.

"Ini adalah pengakhiran dari satu episode dalam hidup saya dan memulai episode berikutnya. Bagian dari perjalanan saya sebagai manusia politik sejak saya remaja. Mengalir bersama waktu dan sejarah mencari tantangan-tantangan baru," kata dia.

Sebelumnya, PDIP memanggil Budiman pada 21 Agustus 2023 ke kantor DPP PDIP di Jakarta. Namun Budiman berhalangan hadir sebab mengaku sedang di luar kota.

Berselang tiga hari setelahnya, tepatnya pada 24 Agustus 2023 beredar surat yang menyatakan pemecatan Budiman sebagai kader PDIP dan ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Memutuskan, memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. Budiman Sudjatmiko, M.A. M.Phil dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," bunyi surat keputusan DPP PDIP tersebut seperti dilihat Jumat, (25/8/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PDIP Resmi Pecat Budiman Sudjatmiko

PDI Perjuangan (PDIP) resmi melakukan pemecatan terhadap Budiman Sudjatmiko buntut pernyataan dukungan terhadap Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres).

Dalam surat keputusan tertulis bahwa DPP PDIP memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan terhadap Budiman Sudjatmiko dari keanggotaan PDI Perjuangan. Surat pemecatan telah ditandatangani Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Ketua DPP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun membenarkan telah memecat Budiman Sudjatmiko. Keputusan telah diambil melalui sidang komite disiplin kepada DPP PDIP pada Senin 21 Agustus 2023.

"Sidang Komite Disiplin sudah mengeluarkan rekomendasi kepada DPP sejak Hari Senin," ujar Komarudin ketika dikonfirmasi, Kamis (24/8/2023).

"Jadi tentang sanksi yang dijatuhkan bisa dicek saja di sekretariat DPP," sambungnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya