Jokowi Lobi Presiden MBZ, Bangun Gedung 9 Lantai untuk Universitas NU Yogyakarta

Menurut Jokowi, ada cerita khusus saat pembangunan gedung yang digarap setahun lalu tersebut yakni tingginya yang wajib 9 lantai.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 18 Sep 2023, 13:22 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2023, 13:22 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)
Presiden Jokowi. (Foto: Dok. Instagram @jokowi)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi terus menunjukkan kedekatannya dengan Nahdlatul Ulama atau NU. Teranyar, Jokowi baru saja melobi Presiden Persatuan Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk membangun gedung baru setinggi 9 lantai di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. 

“Baru dua minggu yang lalu saya juga berbicara lagi dengan Yang Mulia MBZ di KTT G20 India. Saya berbicara setengah jam. Saya singgung lagi masalah ini, (dijawab) Ya pak Jokowi sedang proses," kata Jokowi saat Musyawarah Nasional dan Konferensi Besar (Munas-Konbes) Alim Ulama NU 2023 di Pondok Pesantren Al-Hamid Jakarta, Senin (18/9/2023). 

Jokowi berjanji, bulan ini utusan dari Presiden MBZ akan tiba ke Indonesia yaitu Menteri Energi Uni Emirat Arab, Suhail Mohammed Faraj Al Mazroui. Tujuannya, untuk kembali berbicara dengan dirinya sebagai kelanjutan pembangunan gedung 9 lantai di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta 

"Jadi nantinya bantuan gedung baru di sebelah gedung yang sudah. Saya juga minta lantai 9 lagi, sehingga nanti menjadi gedung kembar dan ini menunjukkan kedekatan Indonesia dengan dunia Islam," tutur Jokowi.  

Sebelumnya diberitakan, Jokowi sudah membangun gedung setinggi sembilan lantai di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. Menurut Jokowi, ada cerita khusus saat pembangunan gedung yang digarap setahun lalu tersebut yakni tingginya yang wajib 9 lantai.

“Tingginya gedung itu 9 lantai, itu penting dan saya saat itu tidak mau dinego! Harus 9 lantai. Sebab angka 9 itu penting bagi NU,” ungkap Jokowi. 

Jokowi menjelaskan, angka sembilan adalah penting bagi NU. Berkaca pada lambang, NU memiliki sembilan bintang di dalam lambangnya. Bukan tanpa arti, sebab sembilan bintang itu mencirikan jumlah Wali Songo.  


Harapan Jokowi dengan Dibangunnya Universitas NU di Yogyakarta

Presiden Jokowi Bersama Iriana Hadiri 1 Abad NU di Sidoarjo
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) bersama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf (kiri) saat menghadiri acara puncak satu abad Nahdlatul Ulama (NU) di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Jokowi menilai NU sebagai organisasi Islam terbesar di dunia layak berkontribusi untuk masyarakat internasional. (Biro Pers Istana Kepresidenan/Agus Suparto)

Jokowi berharap, meski belum bisa menyambangi gedung tersebut secara langsung usai selesai dibangun namun gedung tersebut sudah bisa digunakan untuk kegiatan perkuliahan. 

“Interior dan furnitur hampir selesai dan sudah mulai dipergunakan walau belum diresmikan, artinya ini produktif," bangga Jokowi. 

Jokowi meminta, gedung tersebut bisa menjadi lokomotif sehingga Universitas NU di Yogyakarta menjadi lembaga pendidikan tinggi yang dapat menggali ilmu lebih dalam mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. 

“Agar bisa bersaing menjadi tenaga profesional, bersaing menjadi enterpreneur, menjadi wirausaha dan tetap berakar kuat kepada ke-NU-annya,” Jokowi menandasi.

Infografis Jokowi SBY Prabowo
Infografis Joko Widodo, Susilo Bambang Yudhoyono, Prabowo Subianto (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya