Isu Kaesang Gabung PSI, Jokowi: Bilang Tidak Pun, Anak Saya Tetap Jalan

mengatakan Kaesang saat ini sudah memiliki keluarga sendiri. Sehingga, setiap keputusan yang diambil merupakan tanggung jawab Kaesang, termasuk soal politik.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 21 Sep 2023, 16:42 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2023, 16:32 WIB
6 Momen Keakraban Kaesang dan Jokowi, Kompak Berbagi Canda Tawa
Momen Keakraban Kaesang dan Jokowi. Kaesang Pangarep diduga bakal bergaung dengan PSI. (IG/kaesangp)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi kabar soal putra bungsunya, Kaesang Pangarep bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Jokowi mengatakan dirinya tidak bisa melarang putra bungsung jika memutuskan bergabung ke PSI.

"Karena saya bilang tidak pun juga tetep akan jalan. Anak-anak saya seperti itu," kata Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023).

Dia mengatakan Kaesang saat ini sudah memiliki keluarga sendiri. Sehingga, setiap keputusan yang diambil merupakan tanggung jawab Kaesang, termasuk soal politik.

"Saya sudah sering menyampaikan, anak-anak itu kalau sudah berkeluarga itu sudah punya rumah sendiri, sudah punya istri ya sudah harus mandiri dan harus tanggung jawab. Artinya apa yang diputuskan sudah menjadi tanggung jawab dia," jelas Jokowi.

Dia membenarkan sempat ada diskusi dengan Kaesang soal langkah politik yang akan diambil. Jokowi menyebut tradisi meminta doa restu merupakan hal biasa di dalam keluarganya.

"Ya biasa di dalam keluarga minta doa restu," ucap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Unggahan PSI yang Diduga Kaesang

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep mengaku siap maju menjadi calon Wali Kota Depok. Hal ini diungkapkan Kaesang di akun youtubenya, Kaesang Pangarep.
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep mengaku siap maju menjadi calon Wali Kota Depok. Hal ini diungkapkan Kaesang di akun youtubenya, Kaesang Pangarep.

Sebelumnya, unggahan video Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang berisi suara dengan sosok masih misterius identitasnya namun diduga banyak kalangan adalah putra kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Kaesang Pangarep di akun X atau sebelumnya Twitter viral.

Dalam video tersebut, memuat sosok berupa siluet wajah pria berkacamata yang mengaku bernama Mawar disertai takarir (_caption_) “bukan nama sebenarnya”.

"Namaku Mawar, bukan nama sebenarnya. Saat ini aku sudah memantapkan hati untuk masuk ke politik. Aku memang belum punya pengalaman di politik, namun aku punya tujuan yang besar untuk Indonesia yang lebih. Semoga jalan yang aku pilih adalah jalan yang benar," ucap sosok misterius di video yang diunggah akun @psi_id, pada Rabu (20/9/2023).

Infografis Puan Maharani Ajak Kaesang Pangarep Gabung PDIP Usai Berniat Jadi Depok 1. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Puan Maharani Ajak Kaesang Pangarep Gabung PDIP Usai Berniat Jadi Depok 1. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya