DPR Minta Panglima Selidiki Penyebab Jatuhnya Pesawat TNI AU: Ada Unsur Manusia Atau Alami?

Anggota Komisi I DPR RI Syarief Hasan meminta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk melakukan investigasi terhadap jatuhnya pesawat TNI di wilayah Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11).

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Nov 2023, 19:03 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2023, 19:03 WIB
Syarief Hasan Sebut Demokrat Belum Tentukan Pilihan di Pilgub DKI-Jakarta- Faizal Fanani-20170306
Anggota Komisi I DPR RI Syarief Hasan (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Syarief Hasan meminta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk melakukan investigasi terhadap jatuhnya pesawat TNI AU di wilayah Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11).

"Mungkin salah satu ada dua hal kualitas daripada pesawatnya, atau memang kecelakaan alami atau kan memang unsur manusia, ada tiga hal kan, musti harus diselidiki oleh panglima," katanya di DPR, Jakarta, Kamis (16/11).

Syarif mengatakan, alutsista memang menjadi perhatian Komisi I DPR. Apalagi sebelumnya dalam uji kelayakan dan kepatutan kepada calon Panglima TNI hal ini juga ditekankan. Perlu diperhatikan umur alutsista TNI termasuk pesawat.

"Waktu fit and proper test bahwa pengembangan alutsista ke depan itu juga memang harus menjadi perhatian apakah umur pesawat itu kan harus menjadi salah satu ukuran sehingga peningkatan alutsista itu bisa betul-betul kualitasnya lebih bisa dipertanggungjawabkan," kata politikus Demokrat ini.


Tunggu Investigasi

Sementara itu, Panglima TNI dipertimbangkan untuk dipanggil oleh Komisi I. Tetapi menunggu hasil investigasi.

"Mungkin kita lihat dulu hasil investigasinya dalam beberapa hari ke depan. Setelah itu mungkin kalau perlu ya, yang penting ditanggulangi dulu semuanya bisa dimengerti apa nih penyebabnya dan sebagainya," kata Syarief.


Jatuh di Pasuruan

Sebuah pesawat milik TNI bernomor ekor TT 3103 ditemukan warga terjatuh wilayah Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11) siang tadi. Kejadian tersebut viral di media sosial X.

Kepala Pusat Data Informasi, Komunikasi dan Kebencanaan BNPB Abdul Muhari membenarkan kabar kecelakaan tersebut.

“Benar,” singkat Abdul saat dihubungi, Kamis (16/11/2023).

Sumber: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya