Menko Airlangga: Indonesia Siap Sambut Investasi Amerika Serikat di Bidang Energi

Menko Airlangga juga memaparkan berbagai peluang investasi energi baru dan terbarukan di Indonesia, termasuk carbon capture and storage, solar panel, dan geothermal.

oleh Tim News diperbarui 05 Jun 2024, 20:34 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 19:59 WIB
Airlangga
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu US Secretary of Commerce Gina Raimondo di Fullerton Hotel, Singapura. (Ist).

 

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memulai rangkaian agenda kerja di Singapura dengan mengadakan diskusi bersama investor di sektor teknologi. Selanjutnya, beliau mengadakan pertemuan dengan US Secretary of Commerce Gina Raimondo di Fullerton Hotel, Singapura.

Pertemuan ini membahas tindak lanjut Pilar II dalam Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) dan sejumlah isu bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Menko Airlangga mengucapkan terima kasih atas dukungan Amerika Serikat terkait aksesi Indonesia menjadi anggota OECD. Pertemuan yang berlangsung di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri IPEF ini berjalan penuh keakraban dan bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam Comprehensive Strategic Partnership RI-AS, termasuk melalui kemitraan IPEF.

“Indonesia telah mempunyai Kawasan Ekonomi Khusus terkait Data Center di Batam yang didukung oleh grid energi terbarukan. Kami berharap Amerika Serikat mendukung pembangunan Data Center dan jaringan kabel serat optik yang sedang berlangsung di Indonesia,” ujar Menko Airlangga, Rabu (5/6/2024).

Secretary Gina Raimondo menyampaikan dukungannya yang akan dilakukan melalui skema IPEF. Dia juga mengungkapkan bahwa banyak perusahaan ingin mengembangkan Data Center di Indonesia dan mengharapkan kemudahan perizinan dari Pemerintah Indonesia.

Raimondo juga sangat antusias dengan peran Indonesia dalam IPEF dan menyampaikan bahwa telah mengajak 23 investor dari Amerika Serikat untuk mengikuti Clean Economy Investor Forum, bagian dari pertemuan IPEF kali ini. Para investor tersebut berharap dapat segera berinvestasi di negara-negara mitra IPEF, terutama di Indonesia.

Menko Airlangga juga memaparkan berbagai peluang investasi energi baru dan terbarukan di Indonesia, termasuk carbon capture and storage, solar panel, dan geothermal.

Indonesia sangat terbuka bagi perusahaan Amerika Serikat di bidang energi untuk beroperasi di Indonesia. Kami akan mengusulkan 19 proyek infrastruktur yang berfokus pada sektor energi dan menantikan investasi dari Amerika Serikat,” kata Menko Airlangga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Indonesia Harapkan Dukungan AS Terkait Investasi

Airlangga
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu US Secretary of Commerce Gina Raimondo di Fullerton Hotel, Singapura. (Ist).

Indonesia, dengan potensi besar dalam menerima dana International Technology Security and Innovation (ITSI) Fund, menginginkan dukungan Amerika Serikat dalam membangun industri semikonduktor dan kecerdasan buatan. Indonesia juga mengharapkan dukungan AS terkait investasi, dimana saat ini OECD akan melakukan review atas ekosistem semikonduktor Indonesia.

Untuk mempercepat transisi energi, Indonesia siap memenuhi standar internasional dalam bidang tenaga kerja dan lingkungan. Pemerintah Indonesia akan terus bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk menyelesaikan Perjanjian Mineral Kritis guna mencapai tujuan transisi energi yang lebih cepat dan berkelanjutan.

Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa Indonesia terbuka untuk implementasi investasi Small Modular Reactor (SMR). Secretary Gina menanggapi bahwa Pemerintah AS akan mendukung permintaan tersebut dan akan melanjutkan pembicaraan mengenai proyek transisi energi. Pemerintah AS berharap agar proses ratifikasi IPEF dapat berjalan sesuai jadwal.

“Kami berharap kerjasama ini dapat mendorong pertumbuhan industri berteknologi tinggi di Indonesia, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat global,” pungkas Menko Airlangga.

Menutup pertemuan tersebut, Menko Airlangga mengajak Pemerintah AS untuk melanjutkan tekad dan komitmen melalui kerja sama komprehensif di kawasan Indo-Pasifik dan meningkatkan resiliensi perekonomian di kawasan.

Turut hadir mendampingi Menko Airlangga dalam kesempatan tersebut antara lain Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo, Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso, Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto, dan Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Amerika dan Pasifik Kemenko Perekonomian Irwan Sinaga.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya