Respons Ketum Golkar Soal PKS Usung Anies-Sohibul Iman di Pilkada Jakarta

PKS telah mendeklarasikan dukungannya di Pilkada Jakarta 2024. PKS akan mengusung Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai bakal pasangan cagub-cawagub Jakarta.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 25 Jun 2024, 16:06 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2024, 16:06 WIB
Keakraban Anies Baswedan dan Airlangga Hartarto di Acara Jr NBA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan Ketum Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Pluit Village Mall, Jakarta (29/7). Anies datang kenakan kaos hitam dan Airlangga berkaos biru. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi santai soal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang resmi mengusung Anies Baswedan dan Sohibul Iman menjadi pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur (Cagub-Cawagub) Jakarta 2024.

"Ya nanti kita lihat," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Airlangga mengatakan, partainya belum memutuskan apakah akan mengusung mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk maju Pilkada Jakarta 2024. Namun, Golkar sudah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk ikut Pilkada Jakarta dan Jawa Barat.

Hanya saja, Golkar masih menunggu hasil survei untuk menentukan penugasan Ridwan Kamil. Airlangga pun meminta semua pihak menunggu hingga 27 Agustus 2024 untuk melihat siapa sosok calon gubernur Jakarta yang akan diusung Partai Golkar.

"Nanti kita tunggu," ucap Airlangga Hartarto.

Sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu resmi mengumumkan pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman untuk Pilkada DKI Jakarta 2024.

Pengumuman itu hasil rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada Kamis 20 Juni 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKS Usung Anies-Sohibul Iman

PKS resmi usung Anies Baswedan pada Pilpres 2024
Bakal calon presiden 2024-2029 yang diusung PKS, Anies Rasyid Baswedan (kedua kanan) berpose bersama Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kedua kiri), Wakil Ketua Majelis Syura Mohammad Sohibul Iman dan Bendahara Umum Mahfudz Abdurrahman (kiri) saat pembacaan hasil keputusan Musyawarah Majelis Syuro VIII PKS di Jakarta, Kamis (23/2/2023). PKS secara resmi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden tahun 2024-2029. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengumuman itu disampaikan dalam acara Sekolah Kepemimpinan Partai (SKP) DPP PKS sebagai pembekalan kepada seluruh Calon Anggota Dewan Terpilih DPR RI dan DPRD Provinsi se-Indonesia di Hotel Sahid, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2024).

"DPTP baik PKS pada rapat hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan, mengusung bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Muhammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur, siap memperjuangkan memenangkannya?" kata Syaikhu di Hotel Sahid.

Syaikhu mengatakan, ada yang sudah menyebut pasangan ini dengan singkatan AMAN.

"Kami meyakini pasangan Annies Sohibul Iman ada yang sudah mereka-reka (menyebut) juga singkatannya, AMAN katanya. Nanti terserahlah," sambung Syaikhu.

 


Pertimbangan PKS Usung Anies-Iman

Anies Baswedan bertemu Presiden PKS Sohibul Iman di kantor DPP PKS, Sabtu sore (14/7/2018).
Anies Baswedan bertemu Presiden PKS Sohibul Iman di kantor DPP PKS, Sabtu sore (14/7/2018).(Doc.PKS)

Menurut Syaikhu, Anies-Iman memiliki kualifikasi yang mumpini, serasi dan bisa saling melengkapi untuk melengkapi Jakarta.

Syaikhu menilai, Anies sukses menjadi gubernur dengan berbagai torehan prestasi di berbagai sektor pembangunan, berhasil memajukan kota dan membahagiakan warga.

Sedangkan, Sohihul Iman seorang teknokrat dan cendekiawan yang pernah menjadi rektor di Universitas Paramadina. Selain itu, berpengalaman menjadi Wakil Ketua DPR di tahun 2013-2014 dan menjadi Presiden PKS periode 2015-2020.

"Siap memenangkan pasangan Anies-Iman? siap memenangkan pasangan AMAN? Amankan, menangkan, Amankan Jakarta Aman, Jakarta menang," ucap Syaikhu.

Infografis Bursa Bakal Cagub dan Prediksi Koalisi Parpol Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Bursa Bakal Cagub dan Prediksi Koalisi Parpol Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya