Surya Paloh Ikut Kurban Serahkan Dua Sapi untuk Pekerja Migran Indonesia di Malaysia

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Bappilu DPP Partai NasDem Prananda Surya Paloh melalui Perwakilan Luar Negeri Partai NasDem di Malaysia melaksanakan penyembelihan hewan kurban Idul Adha.

oleh Tim News diperbarui 18 Jun 2024, 17:15 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2024, 17:15 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Bappilu DPP Partai NasDem Prananda Surya Paloh melalui Perwakilan Luar Negeri Partai NasDem di Malaysia melaksanakan penyembelihan hewan kurban Idul Adha.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Bappilu DPP Partai NasDem Prananda Surya Paloh melalui Perwakilan Luar Negeri Partai NasDem di Malaysia melaksanakan penyembelihan hewan kurban Idul Adha. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Momentum Lebaran Idul Adha 1445H dimanfaatkan berbagai kalangan untuk berlomba-lomba menebar kebaikan dengan melakukan penyembelihan hewan kurban untuk berbagi kepada sesama.

Tak ketinggalan , Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Bappilu DPP Partai NasDem Prananda Surya Paloh melalui Perwakilan Luar Negeri Partai NasDem di Malaysia melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak dua ekor sapi untuk Pekerja Migran Indonesia yang dilaksanakan di Kampung Sungai Penchala, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (18/6/24).

"Semangat berkurban sejatinya juga bisa dikaitkan dengan kondisi sosial kemasyarakatan pascaPemilu 2024 dan ini sejalan dengan tema yang kami usung pada kegiatan Idul Adha kali ini yaitu 'Merajut Kebangsaan, Merawat Kemanusiaan'," ujar Ketua Partai NasDem Malaysia Tengku Adnan, melalui keterangan tertulis, Selasa (18/6/2024).

Dia menjelaskan, penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

"Dan tahun ini alhamdulillah ada dua ekor sapi dan kita masih bisa berbagi daging kurban, satu sapi dari Surya Paloh dan satu lagi dari Prananda Surya Paloh," papar Tengku Adnan.

"Kegiatan ini juga salah satu bukti eksistensi Partai NasDem di Malaysia yang konsisten dan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk berbagi keberkahan," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sampaikan Terima Kasih

20160903-Idul-Adha-Jakarta-Qurban-YR
Sejumlah hewan kurban di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (3/9). Untuk harga Kambing dijual dengan harga Rp2,2-5,5 juta, sedangkan harga sapi Rp18-35 juta. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, disela-sela kegiatan, salah satu tokoh masyarakat di kampung sungai penchala bernama Suhardi menyampaikan apresiasinya atas kegiatan kurban yang dilakukan.

"Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Partai NasDem Malaysia yang selalu berusaha memberikan yang terbaik serta manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat pada umumnya melalui pelaksanaan kurban hari ini," ucap dia.

"Insya Allah momen berbagi kurban ini menjadi amal jariyah di hari kemudian kelak dan dibalas Allah dengan pahala yang berlipat ganda," sambung Suhardi.

Tampak hadir dilokasi penyembelihan hewan kurban para kader partai NasDem serta warga sekitar. Daging kurban akan dibagikan kepada para Pekerja Migran Indonesia yang ada dilingkungan dengan melakukan pembagian 300 kupon pengambilan daging.

 


Golkar Jakarta Kurban 53 Sapi dan 23 Kambing di Momen Idul Adha 2024

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartarto
Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartarto merayakan hari raya Idul Adha dengan keluarga para kadernya, yang diawali dengan salat ied di Masjid Ainul Hikmah, DPP Partai Golkar, Jakarta. (Foto: Merdeka.com/Rahmat Baihaqi).

Sebelumnya, Partai Golkar DKI Jakarta menyerahkan total 76 hewan kurban pada Idul Adha 2024 meliputi 53 ekor sapi dan 23 ekor kambing yang disalurkan ke seluruh wilayah administrasi ibu kota.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar DKI Jakarta Basri Baco mengatakan, puluhan hewan kurban disalurkan sebagai ucapan terima kasih kepada warga Jakarta.

Pasalnya, pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 ini Partai Golkar masuk lima besar partai politik (parpol) yang meraih perolehan tertinggi untuk kursi DPRD DKI Jakarta.

"Partai Golkar DKI Jakarta pada Pemilu ini masuk 5 besar dan mendapatkan wakil ketua DPRD, Semoga amanah ini bisa memberikan manfaat kebaikan bagi seluruh masyarakat di Jakarta," kata Basri dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (18/6/2024).

"Semoga kurban yang kita laksanakan pada tahun ini bisa memberikan manfaat bagi umat sekitar kita dan menjadi ladang pahala bagi kita yang berkurban," sambung dia.

Sebelumnya, Kantor DPD Golkar DKI Jakarta menggelar Salat Idul Adha di Masjid Al-Albar, Jalan Pegangsaan Barat Nomor 4, Jakarta Pusat, Senin 17 Juni 2024.

Diketahui, Partai Golkar meraih 10 kursi anggota DPRD DKI Jakarta usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelesaikan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2024. Ada pun sebelumnya Partai Golkar hanya meraih enam kursi di DPRD DKI Jakarta.

 


Masjid Istiqlal Potong Hewan Kurban Hari Ini, Bakal Disalurkan ke 25 Ribu Orang

Tidak Bagikan Kupon, Masjid Istiqlal Antar Langsung Daging Hewan Kurban
Pada Idul Adha kali ini, Masjid Istiqlal mendistribusikan langsung daging hewan kurban ke 30.000 titik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Memasuki hari tasyrik, Masjid Istiqlal menyembelih hewan kurban hari ini, Selasa (18/6/2024). Pemotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Hari ini kami sudah memulai penyembelihan hewan kurban," kata Kabid Riayah Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Ismail Cawidu, dalam keterangan tertulis, Selasa (18/6/2024).

Menurut Ismail, penyembelihan dimulai dengan sapi kurban milik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan dilanjutkan dengan sapi dari Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin.

Total, ada 60 ekor sapi dan 12 ekor kambing yang bakal disembelih BPMI hari ini. Daging hewan kurban bakal disalurkan ke 25 ribu jiwa.

"Ada 60 ekor sapi, dan 12 kambing, dan akan didistribusikan kepada 25.000 jiwa (dari 225 proposal yang mengajukan). Kita berusaha untuk membagi secara profesional dan semoga mereka bisa mendapatkan semuanya," jelas Ismail.

Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban KH Abu Hurairah Abd Salam menambahkan, hewan kurban tersebut akan didistribusikan ke masyarakat yang berada di daerah sekitar Masjid Istiqlal, mushola, serta pondok pesantren yang ada di Jabodetabek.

"Untuk tahun ini yang kami prioritaskan adalah rumah tahfidz, anak yatim, dan yang kami antarkan (distribusikan) adalah masyarakat yang bertetangga dengan Istiqlal seperti Gang Wahidin, Gang Kingkit," kata Abu.

"Untuk yang proposal, kami telepon dan mereka akan datang ke sini untuk mengambil," sambung Abu.

Adapun penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal, dipantau petugas syar'i dari awal hingga akhir guna memastikan penyembelihan dilakukan sesuai syariat Islam.

Petugas syar'i memastikan mekanisme yang dilakukan tim pemotongan hewan kurban dalam kondisi normal, keadaan mudah, dan diusahakan menghadap kiblat.

Infografis Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya