Manajemen RS Citra Arafiq Duga Kebakaran Genset Induk Karena Puntung Rokok

Manajemen RS Citra Arafiq memastikan tidak ada korban akibat kebakaran genset induk tersebut. Dia juga memastikan seluruh pasien yang dievakuasi telah tertangani dengan baik.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 25 Jul 2024, 05:58 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 05:44 WIB
Kebakaran Gardu Induk RS Citra Arafiq Depok
Komisaris Utama RS Citra Arafiq, Fahd El Fouz A Rafiq bersama Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana saat meninjau kebakaran gardu induk RS Citra Arafiq. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Rumah Sakit (RS) Citra Arafiq, Kota Depok, Jawa Barat bergerak cepat melakukan penanganan instalansi listrik yang terbakar pada genset induk. Manajemen menduga kebakaran genset induk ini disebabkan puntung rokok.

Komisaris Utama RS Citra Arafiq, Fahd El Fouz A Rafiq mengatakan, kebakaran di rumah sakit tidak terjadi pada gedung utama pelayanan. Fahd menyebutkan kebakaran terjadi pada genset yang berada di luar gedung utama.

"Ini di luar gedung utama, jauh gedungnya di sini, akibat ada orang merokok merokok di depan area sini (genset), akibatnya terkena percikan ke genset," ujar Fahd kepada Liputan6.com di RS Citra Arafiq, Depok, Kamis (25/7/2024) dini hari.

Fahd menjelaskan, kebakaran genset tidak berkaitan dengan gedung rumah sakit yang menjadi pelayanan kesehatan. Sejumlah pasien yang sedang menjalani penanganan kesehatan telah dievakuasi atau dirujuk ke RS Citra Arafiq Sawangan dan RS Brimob, Depok.

"Total ada 50 sampai 60 pasien, pasien dirujuk ke RS Citra Arafiq Sawangan dan RS Brimob," jelas Fahd.

Saat ini, kondisi pasien telah tertangani dikarenakan RS Citra Arafiq merupakan rumah sakit tipe C dan bukan tipe B. Fahd menilai, pasien yang ditangani di rumah sakitnya bukan pasien yang dalam kondisi bahaya.

"Kita rumah sakit tipe C bukan yang terlalu gawat, kalau tipe B, bahaya, Alhamdulillah tidak ada korban apapun," ucap Fahd.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Polisi Usut Dugaan Penyebab Kebakaran dari Puntung Rokok

Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana
Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana saat meninjau kebakaran gardu induk RS Citra Arafiq. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Fahd memastikan penanganan instalansi kelistrikan di bagian genset dapat segera diselesaikan dan rumah sakit dapat beroperasi kembali. Menurutnya, pemadaman listrik dilakukan pihak rumah sakit bukan dari pihak PLN.

"Tiang listrik ini yang mematikan kita bukan PLN, yang mematikan listrik ini bukan kebakaran tetapi kita yang mematikan," terang Fahd.

Fahd menuturkan, pemutusan aliran listrik dilakukan dalam rangka pencegahan saat memperbaiki instalasi. Setelah selesai, listrik akan disuplai kembali oleh PLN. "Makanya mekanisme aturannya kita jalani dengan baik, sudah sesuai dengan aturan," tutur Fahd.

Sementara, Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana mengatakan, pihaknya akan mendalami penyebab kebakaran di bagian genset RS Citra Arafiq. Diduga kebakaran genset akibat puntung rokok yang berada di sekitar area genset rumah sakit.

"Kita akan dalami, kita cek terlebih dahulu," ucap Arya.

 


8 Unit Damkar Diterjunkan

Pemadam kebakaran diterjunkan ke Rumah Sakit Citra Arafiq, Sukmajaya, Depok, Rabu malam (24/7/2024). (Liputan.com/Dicky Agung Prihanto)
Pemadam kebakaran diterjunkan ke Rumah Sakit Citra Arafiq, Sukmajaya, Depok, Rabu malam (24/7/2024). (Liputan.com/Dicky Agung Prihanto)

Sebelumnya, Kasie Penyelamatan DPKP Depok Tessy Haryati membenarkan terbakarnya ruang genset di RS Citra Arafiq. DPKP Kota Depok berusaha memadamkan api yang berada di ruang genset untuk mencegah api menyebar ke area rumah sakit.

"(Objek terbakar) ruang trafo genset," ujar Tessy.

Tessy menuturkan, perawat dan manajemen sudah melakukan evakuasi pasien ke tempat aman dan tabung oksigen pun telah disiapkan.

"Sedang menunggu teknisi PLN untuk dinyatakan aman dan dilokalisir ruang yang bisa dinyalakan listriknya. Untuk memadamkan ruang genset RS Citra Arafiq, Damkar Depok menerjunkan 8 unit armada PTO dibantu 1 unit dari Jakarta Selatan.Saat ini (api) sudah berhasil dilokalisir, gedung utama tidak terkena," tutur Tessy.

Infografis Deretan Kebakaran Penjara di Indonesia dan Dunia Timbulkan Korban. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Deretan Kebakaran Penjara di Indonesia dan Dunia Timbulkan Korban. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya