Bakal Dicalonkan di Pilkada, Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi Dimutasi ke Kementerian Perdagangan

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi dimutasi sebagai Pati Itwasum Polri dengan penugasan di Kementerian Perdagangan usai bakal diusung di Pilkada Jawa Tengah.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 27 Jul 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 14:59 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. (Foto: Liputan6.com/Ist)
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. (Foto: Liputan6.com/Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran di jajaran Polri, yang meliputi 157 perwira menengah (Pamen) hingga perwira tinggi (Pati). Salah satu jabatan penting yang mengalami pergantian adalah Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor 1554/VII/KEP/2024, yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM, Irjen Dedi Prasetyo. Surat tersebut berisi tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menjelaskan bahwa mutasi tersebut meliputi promosi jabatan, masa purna, dan tour of area di lingkungan Polri.

"Mutasi personel Polri ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat," ujar Trunoyudo saat dikonfirmasi.

Berdasarkan surat telegram tersebut, Irjen Pol Ahmad Luthfi dipindah tugaskan ke Kementerian Perdagangan. Ia kini menjabat sebagai Pati Itwasum Polri dengan penugasan di Kementerian tersebut.

Posisi Kapolda Jawa Tengah yang ditinggalkan Luthfi akan diisi oleh Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo. Sebelumnya, Ribut menjabat sebagai Karobinkar ESDM Polri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akan Dicalonkan di Pilkada Jawa Tengah

Ledakan Magelang
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Senin (27/3/2023), memberikan keterangan pers tentang insiden ledakan rumah diduga tempat meracik mercon di Kaliangkrik Magelang. (Liputan6.com/ Dok Humas Polda Jateng)

Sebagimana diketahui, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memutuskan mengusung Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

"Pak Prabowo putuskan adalah Irjen Polisi Drs Haji Ahmad Luthfi menjadi calon gubernur Provinsi Jawa Tengah," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

Prabowo memerintahkan seluruh kader Partai Gerindra memenangkan calon kepala daerah yang diusung di Pilkada 2024. Seluruh calon kepala daerah akan didaftarkan pada 27 Agustus 2024.

"Kami harap seluruh kader Partai Gerindra segera mempersiapkan diri untuk memenangkan calon gubernur yang akan kita majukan dalam Pilkada yang akan didaftarkan 27 Agustus yang akan dating," ujar Muzani.

Ahmad Luthfi diusung usai Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono mundur dari pencalonan karena dilantik menjadi Wamentan.

Mundurnya Sudaryono membuka kesempatan bagi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam pencalonan sebagai calon Gubernur Jateng.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka

Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Infografis Bursa Kandidat Cawagub Pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya